METROQQ – PIALA LIEM SWIE KING & SUSY SUSANTI SIAP DI GELAR

PIALA LIEM SWIE KING & SUSY SUSANTI SIAP DI GELAR

PBSI akan menggelar kejuaraan bulutangkis Superliga level junior, setelah sebelumnya hanya menggelar Superliga level senior. Ajang untuk pemain di bawah 19 tahun itu dilangsungkan pekan depan, memperebutkan Piala Liem Swie King dan Piala Susy Susanti. PBSI, menggandeng Blibli.com dan Li Ning sebagai sponsor utama, menggelar turnamen tersebut di di GOR Djarum Magelang pada 21-26 November 2016.

Lima belas tim telah memastikan keikutsertaannya pada kompetisi bulutangkis yang bertajuk resmi Blibli.com Li Ning Superliga Junior 2016 itu. Ke-15 tim tersebut terdiri dari delapan regu putra dan tujuh regu putri. Delapan regu putra itu adalah Exist Jakarta, Djarum Kudus, Mutiara Cardinal Bandung, Jaya Raya Jakarta, Wilayah Jateng-Jogja, Wilayah Jatim-Bali, SGS PLN Bandung, dan Wilayah Jabar-Banten. Sedangkan tujuh regu putri adalah Djarum Kudus, Mutiara Cardinal Bandung, Jaya Raya Jakarta, Wilayah Jateng-Jogja, Wilayah Jatim-Bali, SGS PLN Bandung, dan Wilayah DKI Jakarta.

“Turnamen ini menjadi satu ajang baru untuk berkompetisi para bibit berbakat. Selain itu ajang ini dapat sekaligus mengukur kompetensi setiap atlet-atlet muda di Indonesia untuk berlanjut ke jenjang perlombaan skala dunia,” ungkap Kepala Bidang Pengembangan Demisioner PP PBSI Basri Yusuf dalam jumps pers di Aston at Kuningan Suites. Tak hanya itu, kompetisi antarregu ini juga diharapkan memberi angin segar untuk kemajuan perbulutangkisan nasional, khususnya regenerasi atlet-atlet muda.

Kejuaraan ini sendiri akan menerapkan format kejuaraan Piala Thomas dan Uber. Setiap tim akan terdiri dari 10 pemain putra dan 10 pemain putri. Nantinya mereka tidak hanya memperebutkan total hadiah Rp 400 juta, tapi juga akan memperebutkan trofi bergilir yakni Piala Liem Swie King dan Piala Susy Susanti. Pemilihan keduanya pun bukan tanpa alasan. Liem sendiri merupakan pemain yang berhasil merebut medali emas Piala Thomas selama tiga kali para tahun 1976, 1979, dan 1984. Sementara Susy telah merebut dua Kali medali emas Piala Uber di tahun 1994 dan 1996. Tak hanya itu, keduanya juga tercatat mendapatkan penghargaan Hall of Fame dari Badminton World Federation pada tahun 1994.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s