METROQQ – GUARDIOLA MENILAI MENGENAI KUALITAS CRISTIANO RONALDO DAN LIONEL MESSI

GUARDIOLA MENILAI MENGENAI KUALITAS CRISTIANO RONALDO DAN LIONEL MESSI

Perdebatan mengenai siapa yang jauh lebih hebat antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi seakan tak ada habisnya. Terkini, giliran pelatih Manchester City, Pep Guardiola, yang ikut masuk dalam perdebatan tersebut. Ronaldo sendiri baru saja melewati momen istimewa sepanjang 2016. Itu karena mesin gol Real Madrid tersebut menjalani tahun penuh prestasi. Bersama Real Madrid, ia memenangkan gelar Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Tak hanya itu, Ronaldo melengkapinya dengan kesuksesan membawa Timnas Portugal meraih trofi Piala Eropa untuk kali pertama. Karena hal tersebut Ronaldo pun dinobatkan sebagai peraih Ballon d’Or 2016. Namun, hal tersebut tak membuat Guardiola lebih memilih Ronaldo ketimbang Messi jika bicara soal siapa pemain yang lebih hebat. Menurutnya, Messi yang belum memastikan perpanjangan kontraknya bersama Barcelona tersebut berada di tingkat berbeda.

“Dengan segala hormat, khususnya Ronaldo, selamat untuk penghargaannya, tapi saya pikir Messi ada di tingkat yang lain,” tutur Guardiola. Pujian Guardiola kepada Messi adalah hal yang lumrah. Pasalnya, Guardiola sempat menjadi pelatih Messi saat menukangi Barcelona pada 2008/2009-2011/2012. Dalam empat musim berkolaborasi dengan Messi, Guardiola memenangkan 14 gelar bergengsi.

La Pulga memiliki peran penting dalam kesuksesan tersebut. Buktinya, Messi dinobatkan sebagai peraih Ballon d’Or dalam empat edisi beruntun, yakni 2009, 2010, 2011, dan 2012. “Messi adalah yang terbaik, ia pasti yang terbaik. Ia tahu cara bermain, mencetak gol, dan membuat pemain lain ikut bermain. Ia selalu ada,” tegas Guardiola.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s