SEORANG PEMUDA DI TANGKAP KARENA MENANTANG KAPOLDA MELALUI MEDIA SOSIAL

SEORANG PEMUDA DI TANGKAP KARENA MENANTANG KAPOLDA MELALUI MEDIA SOSIAL

Febri Adi Saputro (23) kena batunya karena mengajak perang Kapolda Jabar, Irjen Pol Anton Charliyan dalam komentar posting-an akun Instagram sang jendral. Pemilik akun @cuci.sepatumu itu diamankan Unit Cyber Ditreskrimsus Polda Jabar. Yang bersangkutan diamankan di tempat usahanya, di laundry sepatu di Jalan Rajawali, Komplek Ruko Unires Putri UMY kav 7, Kecamatan Tirto-Kasihan, Kabupaten Bantul.

Adapun yang menjadi dasar penangkapan terhadap Febri adalah laporan polisi LP A/52/I/2017/JBR tanggal 16 Januari 2017 atas nama pelapor Wanda Putra Jayalaksana. Yang bersangkutan menuliskan komentar provokasi dan penyebar kebencian,” ujar KabidHumas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus, Sabtu.

Dikatakan Yusri, dari hasil pemeriksaan ahli maupun saksi lainnya, berikut dengan saksi ahli ITE, Febri terbukti melakukan pelanggaran pada Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 Ayat 2 tentang penyebaran kebencian, permusuhan, dan provokasi dalam UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE. Saat ini yang bersangkutan telah ditahan di Mapolda Jabar. “Ancaman hukumannya pidana penjara maksimal 6 tahun dan denda paling banyak Rp1 Miliar,” jelasnya.

Jendral bintang dua kala itu mem-posting foto tentang foto konferensi pers terkait kasus penistan Pancasila beberapa waktu lalu. Pada postingan tersebut, Febri dalam komentarnya melalui akun @cuci.sepatumu, mengatakan kata-kata yang pada intinya dinilai menyebarkan provokasi dan ujaran kebencian. Pada postingan tersebut, komentar Febri juga mendapat sorotan netizen yang ikut mengomentari komentar Febri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s