PILKADA 2017 : 6 Wilayah Sudah Mangajukan Gugatan Ke MK

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ferry Kurnia menyebut, ada 6 wilayah yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pilkada serentak 15 Februari lalu.

“Jumlah permohonan ke MK sampai 24 Februari pukul 16.30 WIB ada 6 wilayah, yaitu Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Lalu Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu. Ada pula Kabupaten Dogiyai, Papua,” ucap Ferry di Kantor KPU RI Jakarta, Jumat (24/2/2017).

Selain itu, lanjutnya, Kabupaten Gayo Lues di Aceh, Kota Kendari di Sulawesi Tenggara, dan Kota Salatiga di Jawa Tengah. Ferry mengatakan, KPU pun siap jika memang ada yang melaporkan soal Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP).

“Terkait dengan penyiapan sengketa PHP, ada beberapa hal tentunya selain diupayakan permasalahan tuntas pada pleno rekapitulasi ditingkatannya, dengan menyiapkan argumen hukumnya dan bukti hasil penghitungan yang otentik,” papar dia.

Ferry menjelaskan, ada beberapa langkah untuk menyelesaikan permasalahan aduan soal PHP ini.

“Pertama, pencermatan terhadap potensi masalah yang nantinya berakibat terhadap PHP. Kedua, dibuatkan kronologis tahapan-tahapan krusial seperti pemutakhiran daftar pemilih, sengketa proses, pungut, hitung, serta rekap,” kata dia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s