MENGUKUR MENTAL PARA PEMAIN BULUTANGKIS INDONESIA DI TOURNAMEN BEREGU

MENGUKUR MENTAL PARA PEMAIN BULUTANGKIS INDONESIA DI TOURNAMEN BEREGU

Indonesia menatap gelaran Piala Sudirman di tahun 2017 ini. Ajang ini jadi salah satu ajang yang paling susah dimenangi oleh Indonesia. Piala Sudirman akan digelar pada Mei mendatang di Gold Coast, Australia. Dari total 14 kali diselenggarakan, Indonesia baru sekali memenangi kejuaraan beregu campuran itu. Satu-satunya titel juara itu diraih pada 1989 yang mana merupakan gelaran pertama Piala Sudirman. China menjadi negara terbanyak yang mengoleksi gelar dengan 10 kali, diikuti Korea Selatan dengan tiga kali juara.

Menjadi ironis karena turnamen itu dinamakan dari tokoh bulutangkis nasional, Dick Sudirman, yang merupakan pendiri PP PBSI. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Susy Susanti menyebut dalam turnamen beregu semacam ini, mental pemain memegang faktor besar. Karena setiap pemain harus menanggung beban yang besar dari seluruh tim. Faktor mental ini pula yang disoroti Susy, khususnya dari sektor putri yang cukup lama kering prestasi. Sebagai mantan pemain tunggal putri, dia menilai selama ini para pemain kurang punya kepercayaan diri dan keberanian, sehingga kerap kalah dulu sebelum bertanding.

Menuntaskan problem seperti ini perlu banyak upaya yang berkesinambungan dari banyak pihak. Mulai dari proses pembinaan yang baik, program pelatihan yang mapan untuk pemain, serta keikutsertaan di turnamen secara berkelanjutan dan terukur. Tampil di turnamen-turnamen beregu, seperti Djarum Superliga Badminton, disebut Susy juga cukup membantu tim. Dengan banyak klub yang mengikutsertakan pemain-pemain muda, ajang semacam ini jadi kesempatan melatih mental, apalagi dengan keberadaan para pemain top dari luar negeri. “Jadi hal ini paling nggak jadi satu bahan penilaian kita, ‘oh si ini kalau beregu jelek mentalnya’. Selain itu untuk uji coba juga, sejauh mana atlet ini bisa jadi ujung tombak atau jadi penentu.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s