PASIR PANTAI DI INGGRIS INI BERCAHAYA DISEBABKAN OLEH CACING

Fenomena pasir berbintang di pantai La Rocque Harbour, Jersey. Jersey Walk Adventures
Cacing dari spesies Caulleriella bioculata ini menyimpan pigmen cahaya di dalam tubuhnya, seperti kunang-kunang dan cumi-cumi. Cacing-cacing ini termasuk sulit ditemui di Inggris, tetapi bisa dijumpai sepanjang tahun di Jersey. Menurut Jersey Walk Adventures, kadang-kadang Anaitides maculata yang juga bercahaya bisa ditemukan di sini. Dalam kegelapan nyaris total, mereka akan menunjukkan keajaiban.

Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang gua berbintang Waitomo di Selandia Baru. Fenomena alam yang unik ini disebabkan oleh cacing Arachnocampa luminosa yang tubuhnya mengandung pigmen cahaya. Rupanya bukan cuma Selandia Baru yang punya. Di Jersey, Inggris juga terdapat fenomena serupa.

Cacing-cacing bercahaya ini dulunya hanya diketahui oleh nelayan setempat. Bahkan sekarang pun tak banyak wisatawan yang mengetahuinya.

Dilansir The Guardian (12/3), jika kita berkunjung ke pantai La Rocque Harbour di malam hari saat bulan tak bersinar, kita bisa menemukan lautan bintang di langit dan di pantai. Pasir pantai tampak gemerlapan seolah memantulkan cahaya bintang di langit. Tetapi sebenarnya fenomena ini disebabkan oleh cacing-cacing kecokelatan yang tersebar di pantai.

Leave a comment