MOBIL KEPRESIDENAN MERCY S600 GUARD ADA 8, NAMUN 1 MASIH DIPINJAM KE SBY

Mobil dinas kepresiden Mercedes Benz S-600 masih di pinjam oleh Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono, ungkapnya Kepala Sekretariat Presiden, Darmansjah Djumla.

Sebagai tanggapan, Ketua DPP Partai Demokrat Didik Mukriyanto menilai, telah menjadi kewajiban negara untuk menyediakan fasilitas seperti mobil dan rumah untuk mantan presiden dan wakil presiden. Dia juga meminta agar Istana membuat polemik tentang mobil tersebut.

Menurut Didik, ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan / Administratif Presiden dan Wakil Presiden dan mantan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Menurutnya, Pasal 8 dari hukum undang-undang itu sangat jelas agar tidak diperdebatkan.

“Sebagai generasi bangsa, saya sangat prihatin ketika ada pihak-pihak tertentu yang ingin sengaja mendeligitimasi dengan membangun persepsi yang salah arah,” tegasnya, Selasa (21/3).

Didik mengatakan bahwa mandat hukum undang-undang harus dilakukan oleh negara dan sudah menjadi tugas negara. Dia dianggap tidak bijaksana jika ada upaya untuk mendasarkan personifikasi subjektivitas dalam melaksanakan amanat undang-undang.

Didik berharap bahwa pemerintah dalam hal ini Sekretariat Negara harus menjelaskan sepenuhnya dan mendidik orang atas dasar informasi diukur dengan dasar hukum yang ada. “Bangsa yang besar mampu menghargai jasa para pemimpin dan pahlawan,” katanya.

Seperti diketahui, mobil yang digunakan Jokowi tentu tidak baru tapi bekas Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Saat ini, mobil Mercedes S600 Pengawal Kepresidenan delapan, tapi satu masih dipinjamkan ke SBY.

“Dipinjaman sejak 2014 kemarin,” kata Kepala Presiden Sekretariat Darmansjah Djumla, Selasa (21/3).

Darmansjah mengatakan setiap mantan presiden dan wakil presiden diberi bantuan dalam bentuk rumah, mobil ditambah sopir, asuransi kesehatan dan penjaga. “Dia (SBY) rencananya akan mengembalikan mobil,” katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s