HARGA SAFFRON MAMPU MENCAPAI $ 2.000 – $ 10.000 PER PON

Saffron berasal dari benang sari bunga saffron crocus ( Corcus sativus). Tahukah kamu, saffron adalah rempah termahal di muka bumi ini. Dikarenakan oleh proses yang harus di tempuh untuk mendapatkannya pun tidaklah mudah.

Rempah yang satu ini menghasilkan warna kuning cerah dan aroma yang tajam saat icampurkan ke dalam masakan. Biasanya digunakan untuk membumbui nasi, misalnya nasi briyani dari India, arroz con pollo atau paella ala Spanyol.

Selain warna dan rasanya yang khas, saffron juga memiliki khasiat antidepresan, yang mampu meredakan stres dan kecemasan.

Bunga saffron crocus mekar hanya dalam seminggu selama musim gugur. Dibutuhkan iklim dan curah hujan yang tepat agar saffron dapat tumbuh subur. Untuk menghasilkan 1 gram saja, dibutuhkan sekitar 150 bunga. Tanaman berbunga ungu indah ini hanya tumbuh di beberapa negara, Diantaranya Iran, Pakistan, Yunani, Italia, dan Spanyol.
Iran adalah produsen utama dari saffron. Sekitar 95 persen dari saffron di pasaran dunia berasal dari negara ini. Saffron aquila dari lembah Navelli, Italia dianggap memiliki aroma dan rasa terbaik.
Sementara saffron 
mongra atau lacha dari Pampore, Kashmir yang paling mahal karena memiliki rasa, aroma dan warna yang pekat. Selain itu, proses distribusi yang rumit membuat harga lebih mahal.

Menurut buku The Contemporary Encyclopedia of Herbs and Spices: Seasonings for the Global Kitchen, safron berasal dari kawasan barat daya Asia. Digunakan dalam memasak selama lebih dari 1000 tahun. Catatan sejarah tertua tentang safron tercantum dalam naskah abad ke-7 SM di perpustakaan raja Ashurbanipal dari Asyur

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s