INI TERJADI PADA TUBUH SAAT BERTEMU ‘SOULMATE’

Konsep belahan jiwa atau soulmate terlalu rumit untuk menjelaskan dalam kata-kata. Belahan jiwa yang sejati bahkan bukan seseorang yang membuat kita ‘jatuh’ pada pandangan pertama. Tapi dia yang tumbuh dengan kita untuk menjadi pasangan yang paling tepat, dalam hubungan yang dewasa pula.

Tetapi jika yang dibahas di sini adalah belahan jiwa, dalam arti bahwa seseorang yang dapat membuat kita merasa baik pada berdebar pandangan pertama, maka reaksi kimia dalam tubuh yang berperan dalam melakukannya.

Sistem kekebalan tubuh manusia akan ‘berbicara’ untuk menemukan lawan jenis yang sesuai. Menurut penelitian, setiap manusia memiliki Human Leukocyte Antigen (HLA) kompleks dalam sistem kekebalan tubuh.

HLA membantu tubuh untuk membedakan antara sel-sel alami tubuh atau bakteri asing dan virus. Menariknya, HLA juga berperan dalam ketertarikan fisik.

Para peneliti mempelajari perilaku 254 pasangan dan pola tarik fisik di antara mereka. Temuan menunjukkan bahwa pasangan yang memiliki HLA kompleks berlawanan memiliki ikatan fisik yang paling dekat. Bila dibandingkan dengan beberapa serupa yang HLA kompleks, pasangan seperti ini lebih terasa tarik satu sama lain dan memiliki keinginan kuat untuk mereproduksi.

Para peneliti juga menemukan bahwa pasangan dengan kompleks HLA yang berbeda cenderung menyukai aroma tubuh pasangannya. Jadi ini adalah salah satu alasan kita bisa merasakan keinginan yang luar biasa pada pasangan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s