KINI PRODUK MOBIL NISSAN MENGGUNAKAN ROBOT

Nissan Motor Company telah berhasil menerapkan produk Universal Robots, yaitu lengan robot UR10, di pabriknya di Yokohama. Hal ini menambah jajaran produsen yang bekerja sama dengan Universal Robots, yaitu BMW dan Volkswagen, yang telah menggunakan robot kolaboratif (cobots) dari Universal Robots untuk mengotomatisasi proses manufaktur mereka.

Melalui pelaksanaan cobots ini, Nissan kini mampu meningkatkan proses produksi, mengakibatkan peningkatan stabilitas dan hasil, serta efisiensi biaya dan waktu yang lebih baik. Hal ini juga membuat para pekerja Nissan yang telah berumur untuk bekerja dengan lebih ringan, dan dapat digunakan untuk tugas-tugas yang memiliki resiko yang lebih rendah.


“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Nissan menyadari mereka bergerak menuju otomatisasi. Dunia industri otomotif memainkan peran utama dalam mendorong tingkat penggunaan robot kolaboratif (cobots) untuk membuat produksi yang lebih baik, dan penting untuk pelaku industri agar tetap kompetitif, kata Shermine Gotfredsen, General Manager, Asia Tenggara dan Oceania, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima metroqqcom.


Cobots adalah cabang dari robot industri tradisional. Cobots memiliki bobot yang ringan dan dapat diinstal atau dipindahkan ke berbagai tempat, dan cukup fleksibel untuk dimodifikasi untuk jenis aplikasi yang berbeda.


Industri otomotif menggunakan cobots dalam berbagai jenis proses: penanganan, perakitan, kemasan, penempatan, pelabelan, lukisan, kontrol kualitas, dan pemeliharaan mesin. Asia Tenggara sedang mempersiapkan untuk menyambut pertumbuhan yang tinggi seiring dengan tingkat pertumbuhan penjualan di pasar negara-negara besar. 


Indonesia dan Thailand pada khususnya merupakan daerah pusat manufaktur cocok untuk memproduksi kendaraan yang dapat diekspor ke berbagai daerah di Asia, serta lebih luas. Seiring dengan keinginan yang kuat dari pemerintah untuk mengubah Indonesia menjadi pusat produksi otomotif global, otomatisasi harus menggunakan robot kolaboratif akan menjadi kunci untuk keberhasilan industri ini.

Leave a comment