KUNJUNGAN MIKE PENCE MEMBUKTIKAN ASEAN TIDAK DIANAKTIRIKAN

Wakil Presiden Amerika Serikat Michael Richard Pence, atau yang biasa dipanggil Mike Pence, pergi ke markas Asosiasi Asosiasi Asia Tenggara (ASEAN). Kehadirannya bisa menjadi bukti bahwa organisasi ini tidak dicemooh oleh Donald Trump sejak dilantik sebagai Presiden AS.
Apalagi, Pence juga mengungkapkan Trump akan meluangkan waktu untuk menghadiri pertemuan Asean yang rencananya akan digelar di Filipina pada November mendatang.
“Dia (Pence, red) menggarisbawahi komitmennya terhadap Asean, yang telah menjadi awal pemerintahan Presiden Trump, kami memiliki keraguan dan rumor bahwa AS tidak akan melihat kita, sebenarnya dia berkomitmen pada Asean, yang salah satunya memastikan Presiden Dari Trump Akan hadir di KTT November, yang merupakan indikasi positif di tengah keraguan yang pernah ada, “kata Perwakilan Tetap Indonesia untuk ASEAN, Rahmat Pramono di Sekretariat Jenderal ASEAN, Jakarta, Kamis (20/4) .
Dalam pertemuannya dengan Pence, Rahmat mengungkapkan ada beberapa langkah dan isu yang dibahas. Beberapa di antaranya terkait dengan masalah perdagangan dan ekonomi, serta perselisihan di Laut Cina Selatan dan peluncuran rudal Korea Utara.
“Mereka senang atas apa yang dilakukan pemerintah China dengan Korea Utara, selama hal itu mungkin tidak terbayangkan, namun menurut dia dari hasil pertunangan mereka ke China, China sangat menginginkan sebuah perubahan,” katanya.
Dalam sambutannya kepada seorang pemimpin ASEAN, Pence juga mengungkapkan janjinya bahwa AS akan melipatgandakan kerjasama AS dengan organisasi tersebut. Namun, Rahmay mengaku masih menunggu kerangka kerja sama.
“Informasi teknisnya bagaimana tampilannya.” Dalam rencana aksi AS-AS, harus ditindaklanjuti secara teknis, “pungkasnya.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s