TELAH MEKARNYA TIGA JENIS BUNGA LANGKA DI BENGKULU

Rafflesia gadutensis, amorphophallus variabilis dan amorphophallus paeonifolius, ketiga bunga langka ini mekar di tiga lokasi berbeda di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.
“Dua bunga wortel atau dalam bahasa daerah disebut bunga kibut dan satu bunga rafflesia,” kata Koordinator Perawatan Beeengkulu Utara untuk Perawatan Puspa (KPPL), Septian Riki saat dihubungi dari Bengkulu, Minggu (23/4).
Riki mengatakan rafflesia gadutensis mekar mekar di kawasan hutan lindung Boven Lais di hulu Sungai Nokan. Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung perlu mempersiapkan secara fisik dengan baik karena lokasinya adalah tebing terjal.
“Bagi penggemar alam petualangan, lagu ini sangat dianjurkan,” katanya. Demikian dikutip Antara.
Para pengunjung mengatakan Riki akan disuguhi semacam bonus bunga Rafflesia gadutensis dengan enam kelopak bunga. Rafflesia gadutensis adalah satu dari empat jenis rafflesia yang teridentifikasi di hutan Bengkulu selain Rafflesia arnoldii, Rafflesia hasselti dan Rafflesia bengkuluensis.
Bunga dengan diameter 50 sentimeter yang umumnya memiliki lima kelopak. Salah satu bunga langka yang lokasinya mudah dijangkau adalah Amorphophallus variabilis yang mekar di kompleks wisata air terjun Kemumu, Arga Makmur.
Jenis bunga bangkai ini merupakan hasil perkembangbiakan anggota KPPL Bengkulu Utara yang ditanam di lokasi sejak tahun 2015. Sementara satu bunga Amirphophallus paeonifolius mekar di halaman desa Sumber Agung di Kecamatan Arma Jaya.
“Kami berharap bunga langka ini bisa membawa wisatawan ke Bengkulu Utara,” kata Septian.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s