GUBERNUR JATENG MINTA HAK ANGKET KPK JANGAN SAMPAI MENJADI KEKUATAN NEGATIF

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan jika hak penyelidikan yang dilakukan oleh DPR terkait proses penyidikan KPK terhadap kasus e-KTP harus diklarifikasi. Jika tidak, kata Ganjar, maka kuesioner yang tepat bisa menjadi kekuatan negatif dalam pemberantasan kasus korupsi yang dilakukan oleh KPK.
“Saya rasa harus diklarifikasi apakah kuesioner tidak boleh ke mana-mana,” kata Ganjar, Minggu (30/4). “Jangan sampai kuesioner ini menjadi kekuatan negatif dalam pemberantasan korupsi.
Ganjar yang menyaksikan dalam kasus korupsi e-KTP menegaskan jika upaya KPK untuk memberantas korupsi secara massal seharusnya tidak diintervensi oleh pihak manapun, termasuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat melalui hak penyelidikannya.
“Jadi pemberantasan korupsi tidak bisa diintervensi dengan kekuatan politik seperti ini,” kata mantan anggota DPR dua periode ini.
Politisi PDI-P akan lebih sepakat jika DPR mengundang KPK untuk melakukan pemeriksaan terkait proses penyidikan terhadap kasus korupsi e-KTP.
“Saya tidak benar-benar membutuhkan kuesioner, saya rasa ini cukup dengan rapat dengar pendapat,” katanya, “dan kemudian semua data dan sebagainya secara politis tidak terlalu gaduh dan fungsi pengawasannya akan lebih baik.” Siti Atiqoh Supriyanti ini.
Ganjar menegaskan bahwa jika hak penyelidikan terus berlanjut, dia memastikan hal itu akan mempengaruhi proses penegakan hukum mega korupsi e-KTP.
“Ini akan mempengaruhi proses penegakan hukum, akan sedikit terpengaruh, jika tidak terpengaruh, tidak mungkin pertanyaan kekuatan besar,” katanya, menambahkan bahwa satu pertanyaan bisa menjadi keputusan politik utama partai politik. .
Ganjar berharap meski hak untuk melakukan penyelidikan secara politis digunakan oleh DPR namun KPK tetap transparan dalam hal melengkapi kasus e-KTP.
“Saya melihat hal itu telah terjadi apa yang ingin saya tanyakan dan saya ungkapkan, saya pikir KPK sudah cukup siap dan transparan. Saya pikir KPK harus transparan. Tidak akan ditutup-tutupi, baru kemudian kita harus menghindari dari sisi efek politik. Sendiri biar saya tidak terlalu gaduh, ” tutupnya Ginjar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s