KAPOLDA PAPUA SAMPAIKAN KEPADA PEKERJA FREEPORT TIDAK DEMO SELAMA SEBULAN

Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar menegaskan tidak boleh ada tindakan anarkis dalam demonstrasi mogok kerja sebulan yang lalu oleh persatuan PT Freeport Indonesia di Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

“Demonstrasi yang rencananya dimulai pada Senin (1/5) ini harus sesuai dengan peraturan yang berlaku dan tidak anarkis,” kata Boy Amar seperti dikutip Antara, Minggu (30/4).

Boy baru yang menjabat sebagai Kapolda Papua sejak diresmikan pada hari Jumat (28/4) menggantikan Ir. Jenderal Paulus Waterpauw berharap demonstrasi yang dilakukan oleh karyawan tidak sampai satu bulan. Menurut dia, apa tuntutan pekerja akan ditanggapi baik oleh pemerintah maupun manajemen PT Freeport.

“Tidak perlu melakukan demo sampai sebulan apalagi mengarah pada aksi anarkis karena pasukan keamanan sudah siap,” katanya.

Dia menyebutkan bahwa sebanyak tujuh perusahaan milik Kepolisian, termasuk mereka yang tergabung dalam satuan tugas (satgas), Amule siap mengamankan demo karyawan PT Freeport.

Mantan Kepala Bagian Humas Mabes Polri menambahkan meski ratusan anggota telah disiagakan mengantisipasi berbagai kemungkinan selama demo, namun tetap berharap tindakan tersebut sesuai dengan UU No. 99 tahun 1998 tentang Kebebasan Berekspresi Opini Publik. .

Sejauh ini, situasi di Timika kamtibmas menjelang demonstrasi besar-besaran masih aman dan terkendali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s