DI GUNUNGKIDUL 4 PELAJAR SMP TERPAKSA KERJAKAN SOAL UN DI LAPAS

 
Metroqq.net – Empat siswa SMP menjalani Tes Berbasis Komputer Nasional (UNBK) di Institut Pendidikan Khusus untuk Anak (LPKA) Kelas II B, Wonosari, Gunungkidul. Empat siswa berinisial AD, KV, AE dan KF harus menjalani UNBK di LPKA Rutan Wonosari karena mereka menangani undang-undang tersebut.
Dari keempatnya, dua di antaranya bekerja di UNBK pada umumnya. Sedangkan dua peserta lainnya mengikuti ujian Paket B.
“Kalau sampai kasus itu tidak dikeluarkan (sekolah), jadi tetap terdaftar (UNBK) sekolah,” jelas Kepala Bidang Pendidikan dan Bimkemas, Setiyawan Nugroho Endiyanto, Selasa (2/5).
Setiyawan menjelaskan bahwa keempat siswa yang menjalani UNBK di LPKA Rutan Kelas II B Wonosari berbeda dengan siswa SMP lainnya. Jika ada siswa lain yang menggunakan komputer, maka keempat siswa yang menjalani hukuman ini sedang melakukan soal ujian dengan kertas dan pensil.
“Untuk dua anak, mereka dikirim oleh sekolah, dan dua anak setelah Paket B dikirim oleh Disdikpora Yogyakarta, dan ada total tiga puluh anak, yang memiliki empat ujian nasional,” Setiyawan menjelaskan.
Untuk pelaksanaan ujian, menurut Setiyawan, waktu mundur beberapa jam dari pelaksanaan UNBK di SMP. Ini karena sekolah harus mencetak tentang UNBK. Baru setelah percetakan, sekolah mengirimkan berkas ke LPKA.
Secara terpisah, Kepala LPKA Rutan Kelas II B Wonosari, Sri Lestari, membenarkan keempat anak tersebut bisa menjadi perlakuan khusus. Tapi ini menjamin ujian yang dilakukan oleh dua anak UN, serta anak yang sedang mengejar Paket B seperti biasa.
“Tempat dan pengawas ujian sudah dipersiapkan dengan baik sebelumnya,” pungkas Sri Lestari.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s