PEMERINTAHAN JOKOWI KEBUT PROYEK KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG

Pemerintah Jokowi-JK mempercepat pengembangan proyek strategis nasional, salah satunya adalah kereta cepat Bandung-Bandung. Caranya adalah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 13 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).
Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil mengatakan, keberadaan peraturan baru ini memungkinkan program strategis seperti jalan raya Jakarta-Bandung mencakup perubahan RTRW-nya.
“Di masa lalu banyak RTRW dari program strategis ini belum ditandatangani. Dengan demikian, program strategis dan inisiatif nasional presiden belum masuk. Misalnya, kereta api, waduk, pelabuhan, dan lain-lain belum lama Masuk, jadi kami ubah kebutuhan Proyek RTRW bisa diakomodasi, “kata Sofyan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/5).
Menurut Sofyan, amandemen PP memuat beberapa poin, termasuk penyesuaian proyek yang telah berjalan di pemerintahan sebelumnya dengan proyek di pemerintahan saat ini.
“Sehingga sudah ada nasional nasional yang ada dan rencana nasional yang akan diakomodasi, jadi misalnya ada RTRW daerah atau provinsi yang belum diakomodasi yang akan dikesampingkan oleh PP terlebih dahulu,” jelasnya.
Sofyan menyebutkan bahwa di PP sebelumnya, beberapa proyek seperti Jakarta-Bandung, Pelabuhan Patimban, dan jalan tol, dan proyek kereta api lainnya belum masuk. Sedangkan di PP 13/2017, semua proyek infrastruktur sudah diakomodasi.
“Kemudian ada RT/RW wilayah, provinsi, kabupaten yang belum menampungnya, over-managed sehingga lebih mudah menyesuaikan,” tutupnya.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s