SINAR KOSMIK DARI MARS AKAN MENYERANG BUMI MALAM INI !!!

Metroqq.net – Hari ini saya mendapat pesan dari beberapa grup obrolan tentang jalur sinar kosmik yang akan melewati bumi. Menurut informasi yang tersebar ini, kita diminta mematikan ponsel saat tidur untuk menghindari sinar radiasi yang disebabkan oleh jalur sinar kosmik.
Berita ini sebenarnya sudah saya punya jauh sebelum hari ini. Bahkan berita ini sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Sejauh yang saya mengerti, bahwa berita tersebut tidak lebih dari sebuah HOAX atau sebuah isu belaka.
Karena penasaran dengan info ini (lagi), akhirnya saya mencoba mencari tahu (baca: googling) asal dan sumber berita ini. Menurut pesan yang tersebar itu mengatakan bahwa info bisa dilihat di google news (NASA, BBC), maka pencarian saya diawali oleh googling beberapa kata kunci tentang sinar kosmik dalam bahasa indonesia.
Dari hasil temuan Googling, tidak ada info yang valid yang menyatakan bahwa ini adalah info resmi dari NASA atau BBC. Hasil pencarian justru mengarah pada informasi ini hanyalah rumor atau sekedar tipuan belaka.
Sebuah Artikel pernah membahas berita serupa, dan berita tersebut hanya menjadi isu dan belum terbukti benar:
“Jangan panik Ini hanya rumor Ada laporan bahwa orang-orang di seluruh dunia menerima pesan palsu yang dikatakan berasal dari NASA dan BBC bahwa sinar kosmis akan memasuki Bumi dari Mars dan telah meminta orang untuk mematikan ponsel mereka.Telepon di malam hari dan tidak menyimpannya dalam satu dan menjauhkan mereka saat orang tidur, “- Liputan6.com
Sebuah Thread kaskus yang mempertanyakan masalah ini sejak 2011 tidak ada yang menjawab apakah berita sinar kosmis ini benar adanya.
Search (googling) Saya lanjutkan dengan menggunakan kata kunci bahasa inggris dan tentu saja menggunakan sumber kata kunci atau bbc nasa. Tapi sekali lagi tidak ada satu artikel pun yang menyatakan ini adalah berita resmi dari NASA atau BBC.
Akhirnya saya menemukan sebuah artikel yang hampir terkait dengan berita ini berasal dari situs berita BBC, sedikit lebih dapat dipercaya bahwa ternyata bbc sendiri pernah menulis artikel tentang Hoax ini yang terjadi di Negara Ghana (BBC.co.uk).
Salah satu situs yang berisi informasi tipuan Hoax-Slayer bahkan menyertakan berita ini sebagai satu kabar kebohongan di satu halaman.
Nah, dengan beberapa referensi yang saya punya, maka saya menyimpulkan bahwa berita ini hanya tipuan belaka. Saya tidak tahu apa tujuan dari masalah ini, yang jelas isu ini telah beredar sejak bertahun-tahun dan sayangnya masih ada orang yang menyebarkannya.
Saya mengerti maksud orang yang masih menyebarkannya, itu jelas. Ingatkan teman atau saudara tentang berita ini. Tapi apapun informasi yang saya dapatkan, maka ada baiknya untuk mencari atau mempelajari sumbernya terlebih dahulu sebelum mengirimkannya ke pihak lain.
Alih-alih ingin membuat bagus bahkan bisa membuat panik sesama. Jadi, mari berbagi apa yang benar-benar kita ketahui dan mari kita menanggapi sebuah cerita dengan mencari kebenaran.
Di luar informasi ini benar atau salah, mematikan telepon dan menjaga telepon saat tidur adalah perbuatan baik dan tidak salah. Selain menghidarkan radiasi akan memberi sinyal pada ponsel, dengan kematian ponsel bisa menghemat baterai ponsel, kan kan?
Tetap positif!
SEKILAS INFO
Nanti malam hp mati dan tetap dr dr dari 00.30 sd 04.00 krn ada jalur sinar kosmik dari luar bumi yang akan mengantarkan efek radiasi pd satelit tinggi di jalur bumi (berbahaya). Info bisa dilihat di google news (nasa, bbc). Info untuk semua orang yang dicintai. (Info dari bu Purwanto istri mantan GM AP1 DPS yang bekerja di telkom Jogja.Bc’an. Mhn di share,
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s