Aksi Seribu Lilin Untuk Ahok Di Makassar Di Cegat FPI

Metroqq.net – Sejumlah massa Front Pembela Islam (FPI) Sulsel (Sulsel) mencegat seribu aksi aksi solidaritas lilin untuk Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Aksi itu semula digelar di Pantai Pavilion Losari, Jalan Penghibur Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, 13 Mei 2017 malam.
Massa, yang kebanyakan memakai atribut putih, sampai di jembatan dan menjerit agar orang banyak di tempat kejadian bubar. Kerumunannya juga rata-rata mengenakan pakaian putih, yang diduga sebagai peserta aksi solidaritas untuk Ahok.
Juru bicara FPI Sulsel Faisal Silenang mengatakan, pihaknya membubarkan kerumunan karena kegiatan mereka tanpa izin. Namun, Faisal menolak tindakan tersebut yang disebut sebagai upaya pembubaran paksa.
“Ini bukan tindakan Muslim, kami hanya menyuruh mereka untuk menghentikan aksi tersebut, karena pemerintah tidak pernah memberikan izin,” kata Faizal kepada wartawan.
Sebelumnya beredar di media sosial ajakan menggelar seribu aksi Lilin untuk Ahok di Pantai Losari. Acara berlangsung pukul 19.00 WITA.
Warga yang ingin berpartisipasi diharapkan membawa lilin putih, gelas plastik transparan, dan dresscodes putih.
Tindakan FPI ini hampir tanpa perlawanan. Warga di lokasi perlahan dibubarkan. Petugas polisi diturunkan untuk mencegah bentrokan.
Selain membubarkan kerumunan, FPI juga menyita sejumlah batang lilin dari lokasi. Bila informasi ini dikumpulkan, situasinya kondusif.
Meski begitu, sejumlah massa FPI masih terlihat di tempat kejadian, dan beberapa sudah pindah.
Aksi mencegat ini juga menarik perhatian warga. Akibatnya, kemacetan lalu lintas tak terelakkan di sepanjang kawasan Pantai Losari.
Aksi Ahok ini banyak digelar di berbagai kota. Mereka berharap Ahok mendapat penangguhan penahanan karena Ahok mengajukan banding.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s