Kompolnas Minta Penyelenggara Pendidikan-Pengawasan Di Akpol Ikut Disanksi

Komisaris Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Andrea Pulungan membenarkan jika di Akademi Akademi Kepolisian (Akpol) tidak ada kekerasan militeristik atau budaya. Karena itu, sistem pendidikan di Akpol dikompilasi dan berada tepat di bawah Mabes Polri.

“Kami jelaskan sekali lagi bahwa Akpol benar-benar militeristik, ya saya tegaskan bahwa ada dua budaya kekerasan, bahkan jika terjadi sesuatu, semuanya berasal dari sistem yang dibangun oleh Polisi Republik Indonesia,” kata Andrea Pulungan di sebuah Press conference Kasus mayat Brigdatar Mohammad Adam di Loby Mapolda Jateng Jalan Pahlawan, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (20/5) malam.

Andrea juga mengungkapkan rasa terima kasihnya karena saat ini institusi Polri sangat terbuka dalam pengungkapan kasus penganiayaan yang dilakukan 14 taruna senior ke Brigdatar Mohammad Adam sampai mati.

“Terima kasih atas tanggapan Anda atas masalah ini, baik dari Polri, dari Irwasum, dari Propam sehingga Anda dapat melihat bahwa Polisi terhadap masalah ini sangat terbuka, sekali lagi Polisi terhadap masalah ini sangat terbuka,” katanya.

Terkait kasus penganiayaan terhadap Brigdatar Mohammad Adam, Andrea menjelaskan perlunya studi mendalam. Mulai dari fasilitas, penambahan cluster untuk kadet dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) juga perlu dilakukan.

“Bagian besar perlu disampaikan oleh Gubernur (Akpol). Perlu dilakukan kajian mendalam, terutama dari temuan kami bahwa fasilitas harus banyak diperbaharui dan ditambah cluster dan sumber daya manusia. Ini berjalan tapi tidak semudah itu. ” Dia berkata.

Andrea menambahkan, ke depan, lembaga Polri harus terus meningkatkan kualitas pendidikan di Akpol. “Merobohkan bangunan dan membangun cluster tarulah sehingga kader level 2 sendiri, kadet level 3 sendiri. Tidak semudah itu, tapi memang usaha tersebut telah menjadi bahan tindak lanjut yang akan dilakukan kedepanya menjadi sebuah rencana agar bisa berkembang. Kualitas pendidikan di Akademi Kepolisian, “pungkasnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s