SRI MULYANI JELASKAN STRATEGI GENJOT PRODUKSI MIGAS DI 2018

SRI MULYANI JELASKAN STRATEGI GENJOT PRODUKSI MIGAS DI 2018

Menanggapi pendapat sejumlah fraksi di DPR terkait asumsi lufting mintak dan gas bumi Menteri keunganan Sri Mulyani mengaku tetap berupaya untuk mendorong KKKS untuk mencapai produksi dan lifting migas yang lebih optimal dengan sejumlah upaya.

Sri Mulyani menuturkan upaya tersebut antara lain melalui tindak lanjut program kerja utama huku migas dengan tetap mempertahankan keekonomian wilaya kerja.

Kedua menerapkan teknologi prouksi tepat guna seperti fracturing dan artificial lift. Ketiga mengupayakan metode-metode baru untuk penemuan sumber daya dan cadangan migas seperyi passive seismic.

Broadband seismic dan AVO Analysis. Keempat, melakukan monitoring proyek pengembangan lapangan onstream tepat waktu. Kelima, melakukan pemeliharaan untuk meningkatkan kehandalan fasilitas produksi.

Investasi di sektor migas terus ditingkatkan dengan mendorong perbaikan tata kelola di sektor hulu. Begitu juga pada perbaikan payung hukum, pemberian insentif fiskal, penyederhanaan proses perizinan, dan peningkatan koordinasi.

Seperti diketahui asumsi lifting minyak bumi yang diajukan pemerintah sebesar 771-815 ribu barel per hari (BPH). Sementara untuk asumsi lifting gas bumi sebesar 1,19-1,23 juta barel setara minyak per hari (BSMPH).

Asumsi tersebut didasarkan pada pertimbangan kapasitas produksi, tingkat penurunan alamiah, potensi tambahan produksi dari lapangan migas baru, serta potensi penurunan dari lapangan migas yang akan habis masa kontraknya.

Upaya peningkatan lifting minyak sulit diupayakan mengingat kegiatan eksplorasi yang ada belum menghasilkan penemuan sumur baru dalam skala besar. Sementara lapangan minyak yang ada terus mengalami penurunan secara alamiah.

Di sisi lain harga minyak mentah Indonesia (ICP) yang diusulkan pemerintah sebesar US$ 45-60 per barel didasari pada pertimbangan perkembangan harga minyak mentah acuan dunia yang diperkirakan mengalami tren peningkatan seiring dengan perpanjangan pemangkasan produksi minyak oleh negara-negara OPEC dan beberapa negara Non-OPEC hingga akhir triwulan I-2018.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s