Seorang Musisi Otaknya Lebih Cerdas, Mitos Atau Fakta?

Selama ini muncul pendapat umum bahwa musisi memiliki otak yang lebih cerdas dari pada manusia pada umumnya. Pasalnya, gelombang suara musik membuat sel otak menjadi lebih rileks dan sehat.

Apakah itu benar?

Sebuah studi kesehatan yang dilakukan di Baycrest Health Sciences disepakati. Studi tersebut menemukan bahwa belajar memainkan suara pada alat musik mengubah gelombang otak dan meningkatkan kemampuan seseorang untuk mendengar dan mencerna hal-hal baru dalam waktu singkat.

“Studi ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa mempelajari gerakan halus yang dibutuhkan untuk mereproduksi suara dalam instrumen mengubah persepsi suara otak dengan cara yang tidak terlihat saat mendengarkan musik,” jelas penulis studi Bernhard Ross.

“Dengan melibatkan 32 orang dewasa kami meminta untuk memainkan mangkuk bernyanyi Tibet, Anda menguji sel otak mereka dan menemukan bahwa ada perubahan aktivitas di otak yang mampu menyembuhkan sel-sel otak secara independen dari luka atau gangguan yang menghalangi kemampuan seseorang untuk Berpikir, “tambahnya.

“Melalui hasil ini kami mengembangkan penelitian untuk pemulihan pada pasien stroke dengan alat musik dibandingkan dengan fisioterapi biasa.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s