7 Anggota Tubuh Ini Juga Mudah Terkena Infeksi Ragi

Pernahkah Anda mendengar tentang istilah infeksi ragi? Infeksi ragi juga memiliki nama lain sebagai infeksi jamur. Infeksi ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan bakteri sehat dengan bakteri jahat.

Umumnya infeksi jamur biasanya terjadi di vagina dan menyebabkan munculnya gatal, sensasi terbakar, bau busuk, ruam, luka, dan rasa sakit saat bercinta.

Meski sebagian besar infeksi ragi muncul di vagina, namun infeksi ini juga bisa muncul di beberapa bagian tubuh lainnya seperti penjelasan berikut.

Kulit

Meski kulit sering terkena udara dan cahaya, namun kulit juga bisa mengalami infeksi jamur jika kebersihannya kurang terjaga.

Kaki

Jamur yang dikenal sebagai trichophyton mentagrophytes dapat menyebabkan jamur atau infeksi jamur di kaki, terutama jika Anda jarang mengganti kaus kaki atau memakai sepatu lembab.

Mulut

Infeksi ragi di mulut biasanya terjadi pada bayi yang masih menyusui atau diberi susu botol karena sisa-sisa susu yang menempel.

Payudara

Payudara betina juga bisa menderita ragi akibat infeksi karena kurangnya kebersihan payudara, terutama bagi ibu yang sedang menyusui.

Esofagus

Tidak banyak orang berpikir bahwa orang bisa memiliki infeksi jamur di kerongkongan. Infeksi ini terjadi ketika orang memakai obat untuk mengobati kanker atau penyakit autoimun yang menyebabkan berkembangnya infeksi ragi di tenggorokan.

Anus

Infeksi ragi yang terjadi di vagina sering menyebar ke anus jika tidak segera diobati.

Penis

Selain vagina wanita, penis pria bisa memiliki infeksi jamur, meski jarang. Alasannya adalah pria jarang mengganti celana dalam mereka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s