Ayo Berkenalan Dengan Si Pembunuh Diam-diam Mengerikan Ini

Setelah kasus kematian Julia Perez karena kanker serviks, publik juga terkejut dengan kematian suami seniman Ririn Ekawati yang juga meninggal pada hari yang sama namun karena kanker darah.

Keberangkatan seorang pria bernama Ferry Wijaya ini bisa dibilang bersentuhan karena istrinya tidak menemaninya saat sedang sekarat. Ririn datang dari ibadah Umrah sesaat sebelum suaminya dimakamkan. Sebelumnya tidak terlihat juga bahwa pengusaha ini sakit-sakitan. Maka datang anggapan bahwa kanker darah adalah silent killer alias penyakit yang secara diam-diam mematikan dengan cara yang mengerikan.

Benarkah asumsi ini? Dilansir dari boldsky.com, berikut beberapa fakta yang perlu Anda ketahui tentang kanker darah atau leukemia.

– Leukemia adalah sejenis kanker yang mempengaruhi kesehatan sel darah, terutama sel darah putih. Kanker darah akan timbul dari sel darah abnormal di sumsum tulang.

– Ada 2 jenis kanker darah yaitu kanker darah akut dan kanker darah kronis.

– Pria berisiko 31% lebih tinggi terkena kanker darah dibanding wanita.

– Leukemia bukanlah sejenis kanker yang mudah dideteksi atau diperhatikan sejak awal. Padahal, terkadang penderitanya tidak menunjukkan gejala apapun pada awal sampai akhir yang menyulitkan perawatannya.

– Leukemia dikenal sebagai kanker pembunuh nomor satu pada anak di bawah 14 tahun.
-Selain merokok, individu yang bekerja dengan paparan bahan kimia seperti formaldehida dan terpapar radiasi tertentu secara teratur lebih rentan terhadap leukemia.

Dari fakta di atas, menjadi jelas bahwa leukemia adalah silent killer yang berbahaya. Lantas, bagaimana mengetahui gejalanya dari awal?

Nantikan artikel berikutnya tentang leukemia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s