Akan Dipakai Mudik Lebaran, Tol Palindra Rusak Sepanjang 30 Meter

Tol Palembang-Indralaya (Palindra) akan digunakan untuk rute mudik Lebaran sepanjang 30 meter. Dasar tanah yang merupakan rawa dianggap sebagai pemicu Toleransi Palindra.

Penurunan tanah terjadi pada Sabtu (17/6) siang. Karena dianggap mengancam keselamatan pengendara membuat rencana untuk membuka Tol Palindra untuk mudik Lebaran awal pekan depan terancam batal.

Manajer Proyek PT Hutama Karya (HK) Jalan Tol Palindra, Hasan Turcahyo mengatakan, lokasi jalan ambruk tersebut pada sesi pertama, Palembang-Pemulutan. Menurutnya, konstruksi bangunan tidak menggunakan sistem vakum dan hanya embed bor vertikal sedalam 16 meter sampai 18 meter.

“Ada jalan raya yang ambruk, panjangnya 30 meter di bagian pertama sesi,” kata Hasan, Sabtu (17/6) malam.

Menurutnya, perbaikan ini diperkirakan akan memakan waktu seminggu dalam bentuk pelapisan jalan dengan bahan keras. Tapi akan bekerja lebih cepat konstruksi untuk lulus.

“Ini akan diperbaiki sesegera mungkin, karena sekarang akan dievaluasi terlebih dahulu apakah itu berbahaya atau tidak jika disilangkan,” katanya.

Sementara itu, staf Geodesi Tol Palindra, M Anshar, mengaku tidak menduga jalan tol tersebut ambruk. Menurutnya, penyebab anomali tanah yang turun mendadak.

“Bagian yang rusak tidak menggunakan vakum karena banyak kabel, pipa gas, dan minyak,” pungkasnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s