BRTI: Operator Seluar Siap Hadapi Lonjakan Trafik Lebaran

Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menyampaikan hasil serangkaian uji coba jaringan telekomunikasi bergerak dalam menghadapi momen Lebaran di semua titik tolak bagi wisatawan. Pemaparan hasil uji jaringan yang dilakukan oleh BRTI dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Direksi operator seluler, dan pemangku kepentingan lainnya.

Menurut Komisaris BRTI, Muh. Imam Nashiruddin, secara keseluruhan hasil uji coba kesiapan

penyedia layanan dinilai baik dan mampu menampung lalu lintas komunikasi sepanjang perjalanan bolak-balik. Ada tiga wilayah yang diyakini sebagai titik tolak bagi pelancong, yaitu Jakarta, Balikpapan, dan Batam.

“Secara umum di Jakarta, alhamdulillah semua hasilnya cukup bagus, terima kasih kepada penyedia layanan yang telah menyiapkan jaringan dengan lebih baik, lalu di Batam, juga hasil bagus, meski dengan Balikpapan,” kata Imam saat jumpa pers di kantornya. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Jakarta, Senin (19/6).

Meski begitu, kata Imam, ada beberapa catatan bagi operator seluler untuk memperbaiki jaringan telekomunikasi mereka lagi. Misalnya, untuk rute bolak-balik ke utara dan selatan, di beberapa daerah kualitas sinyal masih mengalami sedikit kendala.

“Ada catatan, terutama untuk jalur kereta api. Kami mengharapkan operator seluler memperbaiki kualitas jaringan,” terang Imam.

Namun ternyata, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, belum puas dengan hasil tes jaringan yang dilakukan oleh BRTI. Dia mengatakan tes jaringannya tidak berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Lebaran sebenarnya rutin ya, berbeda dengan tahun lalu dan tahun ini apa? Kalau laporannya jadi jadi apa aja BRTI bilang oke tapi kita akan lihat hasilnya. Bedanya adalah apa yang penting bisa dikembalikan ke masyarakat, “dia berkata.

Menurutnya, yang paling penting saat ini adalah transportasi berjalan lancar. Bila transportasi lancar, maka komunikasi tidak akan bermasalah. Tapi sebaliknya, ini pekerjaan rumah bersama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s