Perhatikan! Mi Korea Yang Mengandung Babi Lolos & Beredar

BPOM mengatakan tiga merek mie Korea Selatan yang beredar di Indonesia mengandung daging babi. Ketiga merek itu adalah Samyang, Nongshim, Ottogi.

Ketua Komisi E DPRD DKI, menilai Pantas Nainggolan, merupakan kelalaian dari instansi terkait yang menangani masuknya makanan impor ke Indonesia. Karena setelah produk tersebut masuk bisa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, BPOM baru menyatakan bahwa makanan tersebut mengandung daging babi.

“Bagaimana dia (mi) sudah di sini pasti ada institusi yang lewat dan mungkin sudah lewat oleh BPOM atau apa, maka sekarang dinyatakan tidak sah, itu berarti kelalaian institusi yang bersangkutan,” kata Pantas, di Balaikota. , Jakarta Pusat, Selasa / 6).

Selain itu, ketiga merek yang mengandung mie babi ini tidak memiliki logo halal. Ini menurut Pantas, adalah ilegal.

“Ya, itu berarti ilegal, tidak mengikuti saran dari instansi resmi, itu ilegal,” katanya, seraya menambahkan bahwa importir harus dihukum.

Dia menyarankan agar BPOM lebih teliti meyakinkan masyarakat tentang makanan halal. Jika tidak maka akan menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Mereka yakin hal itu halal, jadi nyatakan itu dong, jadi jangan sampai menimbulkan keresahan di masyarakat, kalau sudah melalui BPOM sebelumnya, mereka harus menjamin itu bukan barang gelap, dia bisa beredar di masyarakat bagaimana? Ada tahapan, “pungkasnya.

Sebelumnya, mie instan yang mengandung babi ini diketahui dari Surat Edaran BPOM bernomor IN.08.04.532.06.17.2432 untuk Kepala Balai Besar POM di seluruh Indonesia. Hasil uji laboratorium menunjukkan tiga merek mie instan positif mengandung pigmen DNA spesifik babi.

“Tidak termasuk peringatan ‘Pig Container’ pada labelnya,” seperti tercantum dalam surat BPOM yang dikutip metronews.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s