Chef Juna: Makanan Khas Banyuwangi Kaya Cita Rasa

Koki ternama Juna Rorimpandey atau Chef Juna tertarik dengan makanan khas Kabupaten Banyuwangi pecel pitik. Ia menilai makanan itu kaya rasa melalui bumbu yang dimilikinya.

Hal itu disampaikan Chef Juna saat menghadiri Festival Banyuwangi Kuliner beberapa waktu lalu. Pecel pitik adalah makanan yang terbuat dari ayam bakar yang dipanggang dengan parutan kelapa yang berempah.

Chef Juna berpendapat, rasa pecel pitik hadir karena penyediaan rempah-rempah khusus. Mulai dari daging ayam, parutan kelapa hingga sambal.

“Rempah-rempah sampai tiga tahap, membuat rasa pecel pitik cukup unik, mulai dari ayam, parutan kelapa dengan bumbu, sampai ada kacang tambahan, inilah yang membuat menarik,” kata koki kelahiran Manado, 20 Juli 1975.

Pada kesempatan itu, Chef Juna juga menghargai langkah Pemkab Banyuwangi yang menyelenggarakan Festival Banyuwangi Kuliner. Festival ini sesuai karena seiring dengan perkembangan pariwisata di Banyuwangi.

Tingkat Juna, pecel pitik memiliki selera yang kaya. Hal ini, karena proses bumbu penyedap khusus. Mulai dari daging ayam, parutan kelapa hingga sambal.

“Rempah-rempah sampai tiga tahap, membuat rasa pecel pitik cukup unik, mulai dari ayam, parutan kelapa dengan bumbu, sampai ada kacang tambahan, inilah yang membuat menarik,” kata koki kelahiran Manado, 20 Juli 1975.

Ia juga berpendapat, Festival Banyuwangi Culinary sekaligus sebagai langkah pengembangan pariwisata. Menurutnya, kuliner merupakan salah satu pendukung pengembangan industri pariwisata.

“Setidaknya ada empat faktor yang mendukung pariwisata, seperti wisata alam, wisata budaya, budaya, dan wisata kuliner, sehingga pengembangan pariwisata pasti akan mengembangkan kulinernya,” kata Kuliner, 25 persen dari sektor pariwisata.

Untuk itu, ia meminta pelaku kawasan kuliner fokus pada pengembangan dan penyajian kuliner, terutama menyajikan makanan yang higienis. Sehingga wisatawan yang mencicipi kuliner daerah, akan merasa puas dan nyaman.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa festival kuliner ini digelar untuk mempromosikan kuliner daerah.

“Karena sektor stagnan, fashion dan kuliner lainnya terus tumbuh, kami menawarkan tema yang berbeda setiap tahunnya untuk mempromosikan kekayaan kekayaan kuliner Banyuwangi,” katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s