Sepupu Duterte Tewas, Usai Ikut Bertempur Di Marawi

Hilangnya Presiden Filipina Rodrigo Duterte dari muka publik memiliki alasan tersendiri. Presiden berkabung sepupunya terbunuh dalam pertempuran dengan kelompok militan Maute di Marawi.

“Sepupu saya yang bertengkar dengan Maute meninggal, dia adalah salah satu korban tewas di sana (Marawi),” kata Duterte di hadapan sejumlah tamu yang merayakan Idul Fitri di Istana Kepresidenan, yang dikutip oleh Inquirer, Rabu (28/6).

Duterte mengatakan bahwa dia telah memperingatkan sepupunya untuk tidak bergabung dalam pertempuran tersebut. Sayangnya, hal itu diabaikan dan mengakibatkan kematian salah satunya.

Mantan Walikota Davao telah meminta maaf kepada orang-orang Filipina untuk pertempuran di Marawi. Dia mengaku segera tahu bahwa pertempuran ini akan berlangsung lama.

“Saya tidak senang melihat orang Filipina mati, saya tidak ingin Anda menderita, saya tidak puas bahkan jika saya memenangkan perang ini, saya ingin perang ini berakhir,” katanya.

Duterte berjanji bahwa jika perang usai, dia akan membangun kembali kota yang telah hancur akibat perang. “Saya akan membangun kembali Marawi,” janjinya.

Duterte disebutkan tidak tampil di depan umum untuk beberapa lama. Padahal, umumnya presiden memiliki jadwal sibuk dan sering memberikan pidato panjang beberapa kali dalam sehari.

Terakhir kali Duterte tampil di depan umum seminggu yang lalu.

Sementara, warga Duterte juga khawatir kesehatannya memburuk memicu ketegangan yang terjadi di Marawi. Karena pertempuran antara kelompok militer Filipina dan kelompok Maute yang berbaiat ke Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah berlangsung selama enam minggu.

Namun, semua membantah Ernesto Abella, juru bicara Duterte. “Dia (Dutete) baik-baik saja, dia sangat baik, sangat sibuk,” katanya.

Leave a Reply

