Trafik Layanan Data Telkomsel Melonjak 136 % Ketika Lebaran

Tahun ini Telkomsel kembali mencatat peningkatan layanan data pada saat Lebaran. Telkomsel mengalami lonjakan penggunaan layanan data lebih dari 136 persen hingga melebihi 6.000 TB (Terabyte) di Idul Fitri, yang meningkat bila dibandingkan dengan lalu lintas data pada periode yang sama tahun 2016.

Bila dibandingkan dengan hari biasa di tahun 2017, layanan ini juga meningkat lebih dari 27 persen. Penggunaan layanan data yang paling banyak digunakan oleh pelanggan untuk mengakses media sosial (36 persen), diikuti oleh video streaming (29 persen).

Kenaikan lalu lintas layanan data tertinggi terjadi di destinasi mudik. Wilayah Sumatera telah meningkatkan penggunaan layanan data hingga lebih dari 36 persen, sedangkan wilayah Jawa-Bali (termasuk Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur) mencapai lebih dari 32 persen dibandingkan dengan hari normal 2017. Namun secara nominal , Layanan lalu lintas dengan jumlah tertinggi Terletak di Jabotabek wilayah Jabar melalui lebih dari 1.700 TB (Terabyte), diikuti oleh wilayah Jawa Bali yang mengkonsumsi lebih dari 1.645 TB (Terabyte).

Penggunaan layanan data pada momen Lebaran juga mencatat peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi yang menjadi tempat berkumpulnya para pelancong seperti Bandara Soekarno Hatta, Bandara Kuala Namu, Pelabuhan Merak, pintu keluar jalan tol Kaliangsa, Rest Area km 9 Cibubur dan Pelabuhan Feri Kolaka. (Sulawesi Tenggara ). Perbaikan juga dipantau di lokasi wisata yang ramai dikunjungi pengunjung, seperti Batu Karas (Pangandaran), Ancol, Pantai Kuta, dan Kota Kembang (Puncak).

Berbeda dengan layanan data yang semakin banyak diminati oleh banyak pelanggan karena pilihan utama untuk berkomunikasi pada hari Lebaran, layanan suara dan SMS tidak meningkat dibanding lalu lintas normal. Lalu lintas layanan suara turun 6 persen menjadi 1,3 miliar menit, sementara SMS cenderung stagnan pada 740 juta SMS.

“Alhamdulillah jaringan kami berfungsi dengan baik untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada momen Lebaran. Dulu Telkomsel telah meningkatkan kualitas jaringan untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas komunikasi pelanggan yang biasanya terjadi pada H-7 sampai H + 7 Lebaran,” kata Vice President Corporate Komunikasi Telkomsel Adita Irawati.

Untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas, Telkomsel melakukan serangkaian kegiatan optimasi jaringan, seperti menjaga ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas pelanggan. Sepanjang rute utama kepulangan di Pulau Jawa dan Sumatera telah memberikan kelonggaran 35 persen – 60 persen, seperti Jawa Barat sebesar 38 persen, Jawa Tengah sebesar 48 persen, dan Jawa Timur sebesar 57 persen dan Sumatera Selatan sebesar 58 persen. Selain itu Telkomsel juga menguji jaringan di jalur mudik yang menempuh perjalanan sekitar 11.000 km di berbagai lokasi di Indonesia.

Sementara untuk menjamin kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan komunikasi selama masa mudik Lebaran, Telkomsel telah menyiagakan kualitas jaringan khususnya di 838hotspot atau POI (Point of Interest) yang merupakan tempat ramai aktivitas mudik dan pariwisata yang diprediksi. Untuk mengalami lonjakan komunikasi tinggi. Untuk memaksimalkan kapasitas di lokasi ini, Telkomsel mengingatkan 89 unit base station mobile kompak (BATAT) atau mobile BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi menggunakan layanan data.

“Kami berharap jaringan kami dapat membantu pelanggan agar lancar dalam berkomunikasi, sehingga momen bahagia ini, bisa dimanfaatkan maksimal untuk mendorong terbentuknya ikatan,” katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s