Selama Lebaran, Pengguna Layanan Data Tri Naik Sebanyak 200 Persen

Operator seluler Tri Indonesia menjelaskan tentang data lalu lintas saat Lebaran. Menurut Chief Techology Officer Tri, Desmond Cheung, Lebaran kali ini penggunaan layanan data Tri sepanjang Lebaran naik menjadi 200 persen. Jumlahnya meningkat dari tahun sebelumnya. Dari sisi penggunaan data, pengguna Tri kebanyakan mengaksesnya untuk berselancar di media sosial dan instant messaging.

Untuk instant messaging sendiri, pengguna Tri sering menggunakan aplikasi WhatsApp dan Line. Pasalnya, mereka bisa melakukan video call untuk berkomunikasi. Sementara untuk hiburan, video streaming masih menjadi andalan para penggunanya. Meski mengalami kenaikan yang cukup signifikan, Tri mengaku jaringannya yang stabil tidak mengalami gangguan.

“Kami bersyukur, pelanggan kami tidak mengalami kendala yang berarti dalam menggunakan layanan kami,” kata Desmond.

Dijelaskan secara lebih rinci oleh Desmond, peningkatan penggunaan video streaming via YouTube meningkat hampir 60 persen dibanding hari biasa. Sementara aplikasi media sosial yang didominasi oleh penggunaan Instagram meningkat hampir 70 persen.

Pengiriman pesan melalui fitur WhatsApp dan Line Call mendominasi peningkatan lalu lintas layanan OTT. Penggunaan WhatsApp telah meningkat lebih dari 80 persen dan fitur aplikasi ajakan telah meningkat terutama oleh Line Call, yang telah meningkat sebesar 60 persen.

“Kenaikan lalu lintas umumnya terjadi sejak H-14 dan selama periode tersebut terjadi kenaikan yang sangat tinggi, lalu lintas kembali normal di H-1. Kenaikan lalu lintas data tertinggi terjadi di Purwokerto, Cirebon dan Balikpapan sejak H-4. , “Jelasnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s