Kritikan Dari Obama Kepada Trump

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengkritik pemerintah Donald Trump. Dalam sambutannya, Obama menyebutkan tentang keluarnya AS dari Paris Climate Change Agreement.

Awalnya, Obama menceritakan bagaimana AS mengalami krisis yang juga terjadi di negara lain. Dia mengaku telah menyelamatkan negara Paman Sam dari krisis.

“Ketika saya menjadi presiden, ada krisis ekonomi yang melanda Amerika Serikat, namun dengan kerja sama dan persatuan dunia kita pulih dari krisis,” kata Obama dalam pidatonya di Konvensi Diaspora Indonesia di The Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (1/7).

Dia mendesak masyarakat untuk kembali dari krisis. Dia juga mengatakan kemiskinan dan kesehatan adalah tantangan dunia, hari ini.

Jangan lupa juga dengan perubahan iklim. Obama menyesalkan keputusan pemerintahnya untuk meninggalkan salah satu forum penting. Padahal, saat masih menjadi presiden Amerika Serikat, Obama sangat mendukung kesepakatan tersebut.

“Kami memiliki kesepakatan untuk melawan perubahan iklim, sayangnya kami tidak lagi mendukungnya,” kata Obama.

Pemerintahan AS yang baru di bawah kendali Donald Trump menyatakan keluar dari Persetujuan Paris mengenai perubahan iklim. Meskipun AS adalah salah satu emitter dan emitter terbesar di dunia.

Keputusan Trump memicu kritik baik dari dalam maupun luar negeri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s