Luas Kepulauan Seribu Dibanding Lebih Besar Ketimbang Daratan Jakarta

Tim pariwisata dan wisata budaya Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan- Sandiaga Uno mengatakan, peta Jakarta saat ini tidak menggambarkan daerah sebenarnya Jakarta.

“Jadi jika kita melihat peta Jakarta, peta Jakarta tidak menggambarkan Jakarta seperti aslinya, jika kita menggambarkan peta Jakarta, lahannya harus lebih kecil dari laut,” jelas Anggota Tim Tim Pariwisata dan Budaya, Noval di Jakarta, Minggu (2/7).

Terkait hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengaku tidak menyadarinya. Menurut penjelasan dari Tim Kerja Pariwisata dan Budaya, lebarnya harus 11 ribu kali ukuran daratan Jakarta.

“Baru belakangan ini perwakilan Kepulauan Seribu merasa bahwa seribu pulau itu tidak terwakili dengan baik, karena sudah 11 kali luas wilayah Kota Jakarta,” kata Sandi.

Namun menurut peta Jakarta, luas Pulau Seribu mencapai 11,8 km2 sangat kecil. “Tapi di peta resmi adalah bagian yang sangat kecil dari Kepulauan Seribu, mereka ingin dipulihkan sesuai dengan skala, dengan skala Seribu Kepulauan,” kata Sandi.

Sebagai informasi, pemerintah pusat kabupaten ini berada di Pulau Pramuka yang mulai berfungsi sebagai pusat pemerintahan kabupaten sejak tahun 2003. Ada dua Kabupaten di Kabupaten Kepulauan Seribu yang Kabupaten Kepulauan Seribu Selatan dan Kabupaten Kepulauan Seribu Utara.

Kabupaten Kepulauan Seribu Selatan mengawasi tiga kelurahan yaitu Pulau Tidung, Desa Pulau Pari, dan Kelurahan Untung Jawa. Kabupaten Kepulauan Seribu Utara mengawasi tiga kelurahan juga Kelurahan Kelapa, Desa Pulau Harapan dan Kelurahan Pulau Panggang.

Administrasi Kabupaten Kepulauan Seribu berpenduduk sekitar 20.000 orang tersebar di sebelas pulau kecil yang dihuni.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s