Djarot Menyebutkan APBD DKI 2018 Sudah Rasional

Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Salahuddin Uno yang menyesalkan APBD tahun 2018 ini hanya sekitar Rp 70 triliun. Menanggapi hal tersebut, Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat mengatakan dana APBD yang telah dirumuskan sudah rasional dan sesuai dengan kemampuan Pemprov DKI Jakarta.

“Tanyain ke TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) aja sama Bappeda karena kami merumuskannya rasional rasional sesuai potensi kita sehingga benar-benar sudah kita rencanakan sesuai dengan potensi yang dimiliki DKI,” At Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat (10/7).

Dilaporkan sebelumnya, Sandiaga menyampaikan harapannya untuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPMD) pada masa pemerintahannya harus realistis. Pasalnya, pemilik perusahaan Saratoga ini merasa sedikit kecewa dengan APBD 2018 yang dinilai menyimpang dari yang seharusnya.

“Lima tahun yang lalu proyeksi APBD kita di tahun 2018 adalah Rp 120 triliun, namun kenyataannya hanya Rp 70 triliun, jadi melencengnya Rp 50 triliun lebih .. apa salahnya. Dimana mana? Pemikiran proyeksi terlalu linier? Seperti tahun 2012 atau apa, “Jalan Pulobangkeng, Jakarta Selatan, Sabtu (8/7).

Sandiaga juga menganggap bahwa selisih pendapatan daerah hampir Rp 50 triliun merupakan kesalahan yang buruk, yang harus dijelaskan ke publik.

“Kita harus mengubahnya dari Rp 50 T itu salah, itu uangnya besar, kalau ada perbedaan 5 atau 10 persen, kalau sudah dua kali lipat itu harus dijelaskan ke publik apa yang terjadi.” Jelasnya

Ketika ditanya tentang aspek apa saja yang menyimpang dari target pendapatan daerah, Sandiaga mengatakan hampir semua aspek kesalahan. “Jika saya melihat keseluruhan penyimpangan, Pak Sekda mengungkapkan bahwa semua aspek penyimpangan, baik dari sisi penerimaan, pengeluaran juga menyimpang,” katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s