Gedung Tertinggi Se-asia Tenggara Akan Dibangun Di SCBD

Bangunan tertinggi di Asia Tenggara akan dibangun di kawasan terpadu SCBD, Jakarta Selatan. Bangunan bertingkat 111 nantinya akan diintegrasikan dengan MRT dan LRT.

“Konsepnya adalah rencananya akan menjadi gedung tertinggi di Asia Tenggara,” kata Sekretaris Provinsi DKI Jakarta Saefullah di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (13/7).

Nantinya, kata dia, bangunan yang dibuat oleh Grahamas Adisentosa ini akan menjadi bangunan tertinggi di Asia Tenggara. Untuk itu Pemprov DKI akan ditulis ke Presiden Joko Widodo untuk menjadi ikon nasional.

“Ini akan menjadi ikon nasional, maka area SCBD akan ditulis ke presiden dan kami juga akan menulis ke presiden akan menjadi ikon nasional,” kata Saefullah.

Nantinya gedung itu diberi nama Signature Tower yang akan diintegrasikan dengan seluruh mass public transportation di Jakarta dengan menghadirkan bus. Bus yang akan membawa orang-orang ke stasiun dan halte bus TransJakarta.

Diskusi tersebut juga akan disampaikan dalam pertemuan terbatas dengan Presiden Joko Widodo. Karena untuk membuat ikon di Indonesia perlu mendapatkan izin Presiden.

“Ya itu karena yang tertinggi, jadi ikon nasionalnya, jadi harus disetujui dari istana juga,” kata Saefullah.

Meski begitu Saefullah mengaku belum tahu berapa anggaran yang akan dikeluarkan untuk membangun gedung setinggi 638 meter. Namun dia berharap Presiden Jokowi bisa mempercepat prosesnya karena pernah juga menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Dulu, saat Pak Jokowi menjadi gubernur di sini, ini juga ide yang pernah dideskripsikan, siapa tahu kalau ini cepat, dia ingin groundbreaking atau bagaimana,” katanya.

Proyek Mega ini juga akan berjalan jika memenuhi berbagai lisensi. Ini terbuka dengan menggunakan dana pemerintah atau CSR swasta. Ini adalah bangunan milik pribadi.

“Permulaan belum diketahui, kalau izinnya ada, tapi bangunnya sudah lama bisa selesai, bukan CSR, gedung pribadi, bukan gedung pemerintahan,” pungkasnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s