Ketua Pansus RUU Prediksi Pilpres 2019 Ada 4 Pasang Calon

Pemerintah terus menekan opsi nominasi Presiden Threshold sebesar 20 persen. Partai Gerindra menuduh pemerintah dengan sikap ini bertujuan untuk mengatasi calon presiden lainnya.

Ketua Umum Pemilu Bill Pansus Lukman Edy memprediksi, dengan tingkat ambang kepresidenan 20 persen, kemungkinan 2019 pemilihan presiden akan menghadirkan empat pasang calon presiden dan wakil presiden.

“Jika 20 sampai 25 persen dimaksimalkan oleh lima pasangan, bisa kita lihat ada maksimal empat kandidat,” kata Lukman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/7).

Kehadiran lebih dari satu calon pasangan dengan penerapan 20 persen ambang batas kepresidenan telah terjadi pada Pemilu Presiden 2014 (Pemilu Presiden) terakhir. Saat itu, PDIP selaku pembawa acara Joko Widodo harus berkoalisi dengan pihak lain karena memiliki suara kurang dari 20 persen.

“Karena benjolannya berbeda tapi semuanya di bawah 20 persen, kita sudah bisa memperkirakan bahwa hasil Pemilu 2014 2014 berarti PDIP tidak bisa memilikinya sendiri dengan partai politik lainnya,” jelasnya.

“Kalau begitu bisbol Gerindra bisa bersama dengan yang lain, PKB juga kalau mau minta bonggolnya sendiri akan besar karena bergabung dengan partai politik lainnya,” lanjut Wasekjen PKB ini.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan bahwa sikap pemerintah terhadap ambang batas pencalonan 20 persen presiden bertujuan untuk mencap kandidat presiden tertentu. Untuk itu, Gerindra tetap konsisten untuk memastikan bahwa ambang nominasi presiden dihapuskan.

“Sepertinya untuk mencegah kandidat tertentu, mundur kandidat lainnya dan seterusnya. Ada atmosfernya, dan saya pikir ini adalah acara demokrasi yang baru saja kita buka untuk apa adanya,” kata Muzani.

Partai Gerindra, Muzani mengatakan, telah berkomunikasi dengan faksi lain sehingga usulan tersebut disepakati. Dia juga berharap agar pengambilan keputusan atas 5 paket isu penting diputuskan tanpa memberikan suara.

“Kami sudah berkomunikasi dengan banyak pihak, kami sudah menyapa banyak faksi, semoga tidak ada pemungutan suara yang lebih baik,” jelasnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s