Akan Dibangun PLTG Di Tambaklorok Senilai Rp 4,8 Triliun

Anak perusahaan PT PLN (Persero), PT Indonesia Power, akan membangun PLTG 3 TD PLTGU di Blok 3 Tambaklorok dengan kekuatan 780 MW senilai Rp 4,8 triliun. Proyek pembangkit gas tersebut dijadwalkan mulai beroperasi pada April 2020.

“Pabrik ini merupakan implementasi dari program pemerintah 35.000 MW,” kata Presiden Direktur Indonesia Power Sripeni Inten Cahyani yang dikutip oleh Antara, Sabtu (15/7).

Menurut Inten, dengan asumsi produksi PLTGU Blok 3 Tambaklorok mencapai 3,7 GWh per tahun, maka akan menghemat konsumsi bahan bakar dibandingkan BBM yang mencapai Rp 581 miliar per tahun. Pekerjaan rekayasa, pengadaan, dan konstruksi / EPC pabrik akan dilakukan oleh GE Power Consortium, Marubeni Corporation dan PT Hutama Karya (Persero).

Menurut kontrak, pekerjaan generator EPC, yang bertindak sebagai pengikut beban, akan dilakukan selama 28 bulan, menghasilkan jadwal operasi pada bulan April 2020. Inten menekankan bahwa proyek tersebut ada pada bidang pembangkit yang ada atau yang sudah ada, jadi disana Tidak ada kendala dalam proses perizinan dan pembebasan lahan.

“Pembangkit listrik, yang mulai beroperasi pada pertengahan 2020, akan menambah daya 780 MW atau setara dengan memasok lima juta rumah tangga,” katanya.

Dia juga menambahkan PLTGU Blok 3 Tambaklorok akan menjadi proyek pembangkit listrik tenaga gas terbesar yang dikembangkan oleh Indonesia Power. “Turbin gas ini paling efisien di dunia,” pungkasnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s