Biginilah Cara Kopi Menghilangkan Ngantukmu

Banyak dari Anda mengandalkan secangkir kopi atau teh sebagai dorongan di pagi hari. Setelah minum satu per satu, Anda mulai merasa lebih waspada, fokus, dan energik. Efek kafein dalam kopi atau teh diduga menjadi penyebab mengapa Anda bisa merasakan sensasi tersbeut.

Lalu, bagaimana cara kerja kafein sehingga bisa membuat matamu terpelajar?

“Kafein akan membuat Anda waspada dengan menghalangi zat adenosin, yang menempel pada reseptor neuron yang dapat menyebabkan serangkaian reaksi biokimia yang membuat neuron terbakar lebih lambat, dengan kata lain, adenosin bekerja untuk membuat Anda mengantuk,” penelitian tersebut mengutip medicaldaily.com sebagai pepatah.

“Kafein yang dikenal sebagai reseptor antagonis adenosin bekerja dengan menggagalkan proses ini Adenosin bekerja untuk menghambat neuron sementara kafein menghambat penghambat ini.”

Studi tersebut juga menjelaskan bahwa kafein juga bisa menyentuh reseptor dopamin, molekul di otak yang berfungsi untuk membangkitkan perasaan bahagia. Maka tak heran bila Anda minum kopi, mood buruk Anda akan menurun dan diganti dengan senang hati.

“Meski memiliki efek positif, kafein juga memiliki efek samping lainnya seperti peningkatan denyut jantung, tekanan darah, dan keinginan untuk buang air kecil atau diare akibat lonjakan kewaspadaan dan mood positif di tubuh. Efek ini akan dimulai dalam 15 menit. Setelah Anda Minum kopi dan bertahan hingga 6 jam kemudian, “kata sebuah studi dari Michigan University Health Service.

“Secara keseluruhan, kopi bisa bekerja dengan mengubah susunan kimiawi di otak Kopi juga memiliki efek positif dan efek negatif secara bersamaan. Oleh karena itu mengkonsumsi kopi dengan bijak, karena jumlah kafein yang berlebihan juga akan membuat Anda sakit kepala, lelah, dan mood yang tidak menentu.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s