Apple Secara Tidak Sengaja Konfirmasi Bentuk Dan Fitur “Face Unlock” iPhone 8

Kita telah melihat banyak desain iPhone 8 berupa bocoran atau rumor. Tapi semua informasi tersebut berasal dari sumber luat. Nah, kali ini Apple sendiri yang mengalami ‘leakage’ atau kebocoran.

Apple secara tidak sengaja merilis versi awal firmware speaker HomePod smat. Karena itu, pengembang menggali kode untuk mencari informasi dan petunjuk tentang gadget terbaru Apple. Uniknya, dikutip dari Phone Arena, pengembang MacOs dan iOS bernama Guilherme Rambo menemukan sesuatu yang menarik iPhone 8.

Pengembang menemukan gambar yang konon mengacu pada desain iPhone 8. Gambarnya persis sama dengan apa yang dilihatnya dalam rumor tersebut: tidak ada tombol home dan layar tepi-ke-tepi.

Gambar mengacu pada perangkat dengan nama kode “D22.” Tidak ada yang bisa dihapus dari nama kode. Namun diduga itu adalah kode nama dari iPhone 8.

Temuan lain datang dari seorang pengembang bernama Steve Troughton-Smith, yang menemukan serangkaian kode firmware homePod yang bocor tadi, sebuah perangkat lunak pengenalan wajah baru Apple. Ini mendukung rumor bahwa iPhone 8 tidak lagi mengandalkan pemindai sidik jari dan bergantung pada jenis data biometrik lainnya. Pengenalan wajah atau ‘Face unlock’ adalah jawabannya.

Hal ini dianggap akurat oleh pengembang karena data tersebut terdapat di sejumlah baris di firmware, dengan mengacu pada “BKFaceDetect”. BK sendiri merupakan kependekan dari Biometric Kit.

Diperkirakan fitur pemindai wajah akan tergantung pada sensor dan kamera inframerah yang terletak di bagian atas bezel tipis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s