Facebook Akan Mempunyai Facebook Di Indonesia

Dirjen Aplikasi dan Informatika (APTIKA) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Semuel A. Pangerapan mengatakan, pemerintah baru saja bertemu dengan Facebook. Dalam pertemuan itu, ada tiga hal yang perlu dibicarakan. Yang pertama adalah tentang membuka kantor Facebook di Indonesia.

“Rencananya Agustus ini akan diresmikan,” katanya di Gedung Kemkominfo, Jakarta, Rabu (2/8).

Kemudian yang kedua adalah rencana mereka yang akan menyesuaikan dengan Klasifikasi Standar Lapangan Bisnis Indonesia (KBLI) yang baru yang ditetapkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada bulan Mei 2017. Kemudian yang ketiga adalah konten negatif.

“Cara menangkal konten radikal yang kontradiktif di Indonesia,” kata pria yang akrab disapa Semmy ini.

Menurutnya, Facebook dan Instagram termasuk media sosial yang rendah sebagai respon terhadap permintaan pemerintah dibanding yang lain. Ini terbukti dari catatan mengacu pada Service Level Agreement (SLA) yang harus dilakukan oleh layanan OTT. SLA adalah jaminan layanan yang dijanjikan antara pemerintah dan para pemain OTT.

Dari 2016 sampai 2017, rata-rata respons Facebook dan Instagram terhadap permintaan pemerintah kurang dari 50 persen. Respon Facebook hanya mencapai 49,3 persen dan Instagram 40,3 persen.

“Kalau dibandingkan dengan orang lain yang dekat dengan angka di atas 70 persen, inilah yang kita harap bisa memperbaiki SLA membaik,” jelasnya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s