Bersihkah Spons Cuci Piring Dirumahmu?

Apa yang Anda gunakan untuk mencuci piring atau alat makan selain sabun pencuci piring? Tentu jawabannya adalah spons.

Setelah menggunakan spons pencuci piring, maka Anda segera mencucinya untuk mengeluarkan sisa makanan yang tersisa di dalamnya bukan? Nah, ternyata kebiasaan baik ini tidak cukup. Sebuah studi baru-baru ini yang dikutip oleh boldsky.com mengatakan bahwa penggunaan spons pencuci piring pencuci piring bisa menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri yang dapat merusak kesehatan dan membuat sistem kekebalan tubuh menurun.

Lalu, apa yang membuat spons menjadi tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak? Jawabannya karena spons memiliki tekstur berongga dan menyerap air dengan baik sehingga bakteri mudah disembunyikan dan berkembang di dalamnya.

Studi tersebut menemukan bahwa paparan bakteri dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit mematikan seperti kolera, tifoid, hingga keracunan makanan.

“Jika Anda sudah berpikir bahwa mencuci spons dengan air hangat cukup untuk membunuh bakteri yang tersembunyi, maka ini tidak cukup. Cara terbaik adalah dengan mengganti spons setidaknya seminggu sekali. Jika lebih dari itu, segera buang dan Ganti dengan yang baru. “

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s