Petanda Dehidrasi Tubuh Yang Sering Diabaikan Dirimu

Tubuh kita membutuhkan cairan yang cukup untuk tetap bugar dan bekerja dengan baik. Air tidak hanya dibutuhkan saat berolahraga, tapi juga selama aktivitas sehari-hari. Namun sayang, masih banyak orang yang mengalami dehidrasi tanpa menyadarinya.

Mengapa demikian? Kemungkinan besar karena tidak semua orang sadar bahwa mereka mengalami dehidrasi. Haus bukanlah satu-satunya gejala dehidrasi. Berikut beberapa gejala dehidrasi lain yang sering tidak disadari oleh kebanyakan orang, seperti dilansir Women’s Health Mag

Sakit kepala

Meski tidak minum sehari penuh, tubuh akan terus kehilangan cairan di dalamnya. Ini berarti tubuh juga kehilangan garam penting seperti sodium dan kalium karena garamnya juga hadir dalam cairan yang disekresikan. Kehilangan garam ini akan mempengaruhi zat kimia yang ada dalam darah. Hal ini membuat otak lebih sensitif terhadap perubahan dan bisa menyebabkan sakit kepala.

Sakit kepala akan bertambah parah jika Anda kehilangan lebih banyak cairan dan tidak segera mengisinya kembali. Semakin banyak cairan yang hilang dari tubuh, semakin sedikit oksigen yang mengalir di otak. Hal ini membuat pembuluh darah semakin sempit dan sakit kepala semakin parah.

Urin berwarna kuning tebal

Jarang perhatikan warna urine? Mulai sekarang biasakan memeriksa warna urine karena cairannya bisa menunjukkan apakah Anda mengalami dehidrasi atau tidak. Bila warna urine dehidrasi akan berubah menjadi kuning tua. Ini karena jumlah zat limbah yang terkandung dalam cairan sedikit. Bila seseorang tidak mengalami dehidrasi, zat limbah ini akan dikeluarkan lebih mudah pada cairan yang lebih banyak.

Sembelit

Konstipasi tidak hanya berarti bila kekurangan serat, tapi juga kekurangan cairan. Air dalam tubuh membantu membuang zat limbah dari dalam usus dan tubuh. Karena itu, jika Anda mengalami dehidrasi dan kekurangan air, sisa makanan dalam tubuh tidak akan mudah dilepas. Akhirnya Anda mengalami konstipasi.

Itulah beberapa gejala dehidrasi yang jarang disadari. Gejala di atas mungkin tampak seperti gejala masalah kesehatan lainnya dan bukan dehidrasi. Tapi gejala ini juga bisa timbul saat Anda mulai kekurangan cairan di tubuh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s