Daur Ulang Sabun Bekas Hotel Untuk Warga Yang Kurang Mampu

Kebersihan adalah kemewahan bagi mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan. Sedangkan mereka yang memiliki kekayaan bisa menyia-nyiakan sumber daya yang bisa sangat berharga bagi orang lain, seperti sabun di kamar hotel. Itulah mengapa organisasi nirlaba ini mencoba mengolahnya menjadi barang baru yang bermanfaat bagi banyak orang.

Dilaporkan oleh Merdekagoal, sebuah organisasi bernama Clean the World telah bekerja dengan Proyek Sabun Global untuk mewujudkan kebersihan di negara-negara yang hidup di bawah garis kemiskinan. Mereka mendaur ulang sabun bekas, shampo dan barang kebersihan bekas setengah atau hanya digunakan satu kali di kamar hotel untuk membuat sabun baru bagi mereka yang membutuhkan.

Meski terlihat sederhana, namun sebatang sabun saja bisa mencegah orang dari wabah penyakit seperti diare dan disentri. Hal ini penting bagi orang yang memiliki akses air bersih, sanitasi dan kebersihan yang sulit.

Selain itu, proyek ini juga dianggap sebagai langkah tepat untuk mengurangi limbah. Sedangkan biaya daur ulang perlengkapan mandi ini hanya 75 sen per kamar dalam sebulan. Sisa sabun, sabun cair, sampo, dan kondisioner diproses ulang, disterilkan, dan diuji kemurnian sebelum dikirim ke belahan bumi lainnya.

Proyek Sabun Global dimulai di Amerika Serikat yang memiliki setidaknya 4,6 juta kamar hotel. Rantai hotel terkenal seperti Hampton juga ikut ambil bagian dalam proyek kemanusiaan ini.

Bukan tidak mungkin proyek ini akan menjangkau lebih banyak negara dan memiliki dampak lebih besar di masa depan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s