Gangguan Mata Yang Dikarenakan Oleh Pemakaian Lensa Kontak

Penggunaan lensa kontak untuk menggantikan penggunaan lensa kontak jauh lebih sederhana dan anti ribet. Mengapa Anda memasukkan soft lens dengan warna minus yang sesuai dengan kondisi penglihatan Anda tanpa perlu kacamata berat di wajah.

Meski anti ribet tidak berarti pemakainya bebas dari gangguan atau penyakit mata. Dilansir dari thehealthsite.com, berikut beberapa penyakit mata yang biasanya mempengaruhi pemakai lensa kontak.

Jamur di kornea

Jamur di kornea biasanya tumbuh saat Anda memakai lensa kontak saat berenang dan menyebabkan mikroba seperti bakteri Pseudomonas atau parasit Acanthamoeba ke mata. Bila mikroba ini menempel pada lensa kontak, maka akan meningkatkan risiko infeksi. Akhirnya mata menjadi kemerahan sampai penglihatan kabur.

Jika Anda mengalami pertumbuhan jamur atau Acanthamoeba, maka Anda harus segera mengunjungi dokter spesialis kornea. Dibutuhkan pengobatan jangka panjang hingga 3 bulan untuk menyembuhkannya.

Konjungtivitis Papillary Raksasa (GPC)

GPC adalah suatu kondisi di mana terbentuknya lapisan granular yang disebut Papila di bawah kelopak mata. Butiran ini menempel pada kornea yang menyebabkan gatal, timbul sensasi seperti paparan benda asing, rasa sakit yang terpapar cahaya, dan mata merah kronis.

Mata kemerahan

Kemerahan adalah kelainan mata yang umum dialami oleh pemakai lensa kontak. Mata merah terjadi saat mata kekurangan suplai oksigen akut ke kornea karena adanya lensa kontak yang tepat. Meski dianggap ringan, namun jika Anda mengalaminya maka Anda dilarang memakai lensa kontak lebih dari seminggu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s