Keseringan Duduk Bisa Bikin Pantat Melebar, Benerkah?

Pernahkah Anda menghitung, berapa jam sehari Anda duduk? Jawabannya mungkin berbeda. Ada kurang dari 3 jam, ada yang lebih dari 8 jam.

Bagi Anda yang sering duduk terkadang Anda tidak menyadari bahwa kebiasaan sederhana ini sebenarnya bisa membuat keledai membesar dan melebar. Peneliti juga mendukung agar tekanan pada area tubuh yang digunakan untuk duduk akan menghasilkan lemak hingga 50% lebih banyak dibanding bagian tubuh lainnya.

Periset menemukan bahwa sel preadipocyte (prekursor di sel lemak) berubah menjadi sel lemak dan menghasilkan lebih banyak lemak saat mengalami periode beban mekanik yang berulang, seperti yang terjadi saat Anda sedang duduk.

“Sel sendiri juga akan responsif terhadap lingkungan mekanis mereka,” kata Amit Gefen, seorang peneliti dari Universitas Tel Aviv.

“Mempelajari gambar MRI dari jaringan otot pasien yang lumpuh akibat cedera tulang juga menunjukkan bahwa seiring berjalannya waktu, sel-sel lemak di bokong yang sedang tumbuh juga dapat menyerang otot-otot utama di tubuh.”

Lalu, bagaimana Anda menghindari bahaya ini? Tentu selalu memilih untuk mengkonsumsi makanan sehat dan melakukan olahraga ringan untuk membakar lemak berbahaya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s