Jokowi Menargetkan Akan Membagikan 5 Juta Sertifikat Di 2017

Presiden Indonesia Joko Widodo menargetkan pada 2017 ini 5 juta sertifikat gratis dapat diajukan ke warga di seluruh Indonesia melalui Program Agraria Nasional (Prona).

“Biasanya setiap tahun pemerintah hanya menerbitkan sekitar 400 ribu sertifikat, namun pada 2017 kami menargetkan 5 juta sertifikat bisa diajukan ke warga,” katanya saat memberikan sambutan kepada 5.500 warga penerima sertifikat bebas Sukabumi di Setukpa Lemdikpol Polisi Sukabumi, dikutip dari Antara, 31/8).

Kemudian, lanjut Pesiden Jokowi, pada 2018 menjadi target 7 juta sertifikat dan 2019 sebanyak 9 juta. Atau setiap tahun ada kenaikan 2 juta pembutan sertifikat selesai, katanya, untuk pembuatan sertifikat bebas, pemerintah pusat mengeluarkan anggaran sebesar Rp 2,5 triliun dari APBN 2017. Sertifikat tersebut merupakan bukti kepemilikan lahan sehingga tidak bisa diperdebatkan oleh pihak manapun.

Ia mencontohkan, ada beberapa daerah di antaranya DKI Jakarta yang merupakan lahan yang diperebutkan oleh tiga warga yang mengaku sebagai pemiliknya. Hal ini disebabkan tidak adanya sertifikat, sehingga fungsi sertifikat sangat penting sebagai bukti kepemilikan lahan.

Ia melanjutkan, sertifikat tersebut merupakan bukti hukum kepemilikan tanah. Karena itu, dia mempercayakan pesan kepada pemiliknya agar sertifikat tetap terjaga serta difotokopi karena jika hilang asli bisa datang ke BPN untuk diganti.

“Saya juga meminta warga baru mendapatkan sertifikat ini secara menyeluruh apakah nama dan alamat pemilik dan lahannya sesuai,” tambahnya.

Jokowi juga mengimbau warga yang ingin berjanji atau menjamin sertifikat perbankkan untuk menghitung kekuatan finansial terlebih dahulu, apakah mampu membayar cicilan atau tidak.

Jangan sampai, sertifikat sudah dijamin ke bank tapi tidak mampu membayar angsuran yang akhirnya disita oleh bank. Jadi hati-hati dalam meraih sebuah sertifikat dan jangan diburu nafsu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s