Nyawa Bayi Lucu Adam Direnggut Oleh Trosomy 13

Nama bayi, Adam Fabumi telah menjadi viral akhir-akhir ini. Bayi mungil ini tidak diketahui karena perilaku menggemaskannya, namun karena ceritanya dalam perang melawan kelainan genetik bernama Trisomy 13 atau Syndrome Patau.

Melalui akun instagram @adamfabumi, orang tua Adam berbagi cerita bayi lucu tentang Trisomy 13 ini.

Lantas, apa itu Trisomi 13 yang diderita oleh seorang bayi yang lahir pada 24 April 2017 lalu?

Berikut adalah beberapa penjelasannya:

  • Pelaporan dari Perpustakaan Nasional AS menjelaskan bahwa Trisomi 13 adalah kelainan yang terjadi pada kromosom 13 yang membuatnya memiliki 3 eksemplar. Diketahui bahwa kromosom normal hanya memiliki salinan sepasang. Kondisi kromosom abnormal ini menghasilkan kelainan fisik dan kelainan pada banyak bagian tubuh. Individu dengan Trisomi 13 sering memiliki kelainan jantung, kelainan otak, kelainan tulang belakang, memiliki mata yang sangat kecil karena tidak berkembang dengan sempurna (mikroftalalmia), jari kaki atau jari tambahan, bibir sumbing, sampai otot lemah (hipotonia).
  • Trisomi 13 terjadi pada setiap 1 dari 16.000 kelahiran. Umumnya kasus ini terjadi pada ibu yang sedang hamil di hari tua.
  • Trisomi 13 terjadi selama proses pembuahan di dalam rahim atau pada proses awal perkembangan janin. Sebagian besar kasus Trisomi 13 bukanlah faktor keturunan. Kesalahan dalam pembelahan sel disebut nondisjunction menghasilkan sel reproduksi dengan jumlah kromosom abnormal. Misalnya, telur atau sperma bisa mendapatkan salinan kromosom tambahan 13. Jika salah satu sel reproduktif atipikal ini berkontribusi pada susunan genetik anak, anak tersebut akan memiliki 13 kromosom tambahan di setiap sel tubuh.
  • Trisomi 13 sebenarnya bisa terdeteksi di awal kandungan. Caranya adalah dengan deteksi ultrasound atau tes darah ibu untuk pemeriksaan kromosom.

Karena beberapa masalah medis yang terjadi akibat kelainan kromosom, maka banyak bayi dengan Trisomi 13 meninggal pada hari pertama atau minggu setelah kelahiran. Hanya 5-10% bayi dengan kondisi ini yang bisa merayakan ulang tahun pertama mereka. Tapi tidak dengan bayi Adam yang meninggal pada 22 November 2017 saat ia berusia 7 bulan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s