Mafia Zaman Sekarang Pintar Main Mata

Mafia. Kata itu terkenal dimana-mana. Baik di negara asalnya, Italia, atau di Indonesia.

Lengan sekelompok orang yang bergulat di dunia hitam dan berkumpul dalam ‘keluarga’ telah menjadi legendaris selama lebih dari satu abad. Pada hari ini, mafioso juga harus menyesuaikan diri dengan zaman.

Meski diburu aparat penegak hukum, faktanya mafia tersebut tidak hancur. Bahkan sekarang dikatakan bahwa mereka memiliki taktik baru untuk bertahan hidup.

Menurut sebuah pernyataan seorang jaksa Italia sering menangani mafia yang melibatkan kasus, Federico Cafiero De Raho, sejumlah kelompok mafia yang masih bertahan sampai hari ini memilih menjadi teman. Di masa lalu anggota Cosa Nostra, Camorra, ‘Ndrangheta, Banda della Magliana bisa saling membunuh untuk serangan bisnis atau wilayah.

“Mereka bisa mengubah nakhoda kapal yang melewati Panama, dan menggantinya dengan nakhoda mereka untuk menyelundupkan narkoba,” kata Cafiero De Raho, dalam sebuah konferensi anti-mafia di Kota Milan, yang dikutip oleh Associated Press, Jumat (24 / 11).

Dari penelitian Cafiero, kelompok mafia di wilayah selatan Italia dan Sisilia masih memegang prinsip lama memiliki wilayah. Sedangkan untuk mafia di Italia utara, mereka lebih memilih menguasai bisnis. Caranya adalah dengan mendekati pengusaha yang berada dalam masalah keuangan dan menawarkan pinjaman lunak. Mereka secara bertahap akan menaikkan bunga pinjaman sampai majikannya tidak mampu membelinya, dan segera mengambil alih bisnisnya.

Rekan Cafiero, Franco Roberti, tidak bisa tidak berpikir mafia tidak hilang meski sudah bertempur selama lebih dari 25 tahun. Padahal, semakin meluas pengaruh.

“Mereka telah menyebar dari daerah asal mereka dan kalah dalam pertandingan bisbol,” kata Franco.

Jika menurut Menteri Hukum Italia, Andrea Orlando, mafia belum menang atau kalah. Dari pengamatannya, mafia akan selalu mencari celah hukum di negara manapun untuk menyelamatkan uang mereka dari hasil kejahatan dengan aman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s