Cara-cara Menghemat Baterai Smartphonemu Yang Tidak Kamu Nyadari

Lemahnya baterai seakan-akan menjadi sebuah kutukan untuk kita semua. Pasalnya, daya tahan sebuah baterai tidak mengenal merek. Saat ini teknologi memang semakin maju, namun daya tahan baterai hanya sekedar bisa ditambah dan diberi bantuan dari powerbank.

Hal tersebut dikarenakan sangat bergantung dengan bagaimana pemakaian kita sehari-hari. Ingin smartphonemu tetap hidup sepanjang hari tanpa bantuan powerbank?

Nah, berikut ini merdekagoal menyediakan berbagai cara untuk menjaga baterai smartphone lebih bertahan sepanjang hari. Ini cara mudahnya.

Non-aktifkan Kecerahan Otomatis Pada Layar

Percaya atau tidak, banyak orang yang tidak menyadari betapa terangnya layar mereka saat menggunakan smartphone.  Biasanya, hal tersebut dipicu kecerahan otomatis. Seringkali orang-orang berpikir kecerahan layar sudah diatur paling rendah, namun jika kecerahan otomatis belum dicentang, tentu akan sia-sia. Karena ketika keadaan terang, layar juga secara otomatis akan semakin diterangkan dan menguras baterai.

Matikan Suara atau Vibrasi Pada Keyboard

Seringkali, pengaturan-pengaturan kecil seperti getaran atau suara ketika mengetik tombol back atau home tidak kamu atur. Ternayata hal ini juga bisa menguras baterai secara tidak menyadarinya. Namun yang paling parah adalah ketika kamu mengaktifkan getaran disaat yang bersamaan kamu mengetik keyboard. Meski tidak banyak, tapi jika diakumulasikan tentu jumlah pengurasan pada baterai akan mngurang.

Menggunakan Background Yang Hitam atau Gelap (Layar OLED)

Jika smartohonemu mengusung layar OLED seperti yang terdapat di smartphone Samsung, maka hal ini akan sangat membantu.  Secara signifikan, menggunakan layar yang berwarna hitam akan lebih menghemat baterai. Hal ini dikarenakan layar OLED tidak menyalakan piksel yang berwarna hitam, yang dimana layar OLED secara alami sudah menghemat energi.

Menggunakan Aiplane Mode

Disaat kamu tidak terlalu menggunakan internet atau smartphonemu, kamu bisa menggunakan mode airplane. Mode ini akan memutus semua koneksi, sehingga baterai tentu akan lebih hemat. Tidak hanya ketika sedang tidak dipakai, manfaatkan airplane mood disaat sinyal koneksi sedang tidak bagus. Karena, smartphonemu akan sangat berjuang untuk mencari sinyal, sehingga baterai terkuras. Sekalian gunakan airplane mode di daerah-daerah terpencil, dan gunakan mode normal ketika sudah di kondisi yang baik.

Non-aktifkan Wifi

Berbagai media koneksi di smartphone seperti Bluetooth, NFC di beberapa perangkat, dan juga Wifi, tentu menguras baterai. Jika kamu di rumah/kantor menggunakan Wifi dan lupa mematikannya maka data seluler tersebut akan menguras baterai smartphonemu. Hal ini dikarenakan Wifi akan selalu mencari sinyal (Scanning), dan menghabiskan baterai kamu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s