REKENING SETYA NOVANTO DAN KELUARGA DI BEKUKAN KPK SEJAK 2016

REKENING SETYA NOVANTO DAN KELUARGA DI BEKUKAN KPK SEJAK 2016

Komisi Pemberantasan Korupsi sudah membekukan rekening tersangka e-KTP Setya Novanto. Kuasa Hukum Setya Novanto Fredrich Yunadi menjelaskan.
Rekening kliennya sudah lama dibekukan oleh penyidik KPK, Menurut Fredrich rekening Ketua DPR tersebut sudah dibekkukan sejak 2016 sebelum Setya Novanto jadi tersangka dalam kasus e-KTP.

Tidak hanya rekening Ketua Umum Partai Golkar tersebut yang dibekukan KPK, Tetapi seluruh rekening Keluarga Novanto juga sudah dibekukan.

Fredrich pun tidak merinci rekening mana yang diblokir oleh KPK tetapi menurut dia KPK hanya memberikan surat untuk permintaan blokir rekening.

Dikonfirmasi terpisah Juru Bicara KPK Febri Diansyah enggan membeberkan apakah rekening Novanto telah diblokir oleg pihak KPK, tetapi menurut Febri pemblokiran atau penyitaan merupakan kewenangan penyidik KPK.

Diketahui sebelumnya, nama keluarga Setya Novanto disebut terlibat dalam kasus e-KTP. Dalam sidang sebelumnya, Andi Agustinus alias Andi Narogong, Mantan Direktur Utama PT Murakabi Sejahtera, Deniarto Suhartono, mengakui bahwa istri, anak dan keponakan Setya Novanto memiliki saham di perusahaan tersebut.

Menurut Deniarto, mayoritas saham Murakabi dikuasai oleh PT Mondialindo Graha Perdana. Dalam berita acara pemeriksaan (BAP), Deniarto mengatakan, ada beberapa kali perubahan nama pemegang saham.

Pertama, dimiliki oleh Irvanto Hendra Pambudi yang merupakan keponakan Setya Novanto. Kemudian, dimiliki oleh putra Novanto, Reza Herwindo. Terakhir, saham dimiliki oleh istri Novanto, Deisti Astriani.

Selain itu, menurut Deniarto, putri Setya Novanto, Dwina Michaela juga memiliki saham di PT Murakabi Sejahtera. PT Murakabi Sejahtera dan PT Mondialindo sama-sama berkantor di Lantai 27 Gedung Menara Imperium, Kuningan, Jakarta.

Kantor tersebut dimiliki oleh Setya Novanto. PT Murakabi pernah menjadi salah satu konsorsium peserta lelang proyek e-KTP. Namun, atas pengaturan Andi Agustinus alias Andi Narogong, PT Murakabi hanya sebagai perusahaan pendamping.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s