Trotoar Dipenuhi PKL, Ombudsman Pertanyakan Apa Peran Satpol PP?

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menjadi sorotan setelah Ombudsman Republik Indonesia mengeluarkan temuannya terkait pungutan liar terhadap disiplin penjaja jalanan di beberapa titik. Ombudsman juga mempertanyakan peran Satpol PP dalam mendisiplinkan PKL, menyusul tempat yang dilarang menjualnya masih ramai oleh mereka.

Dalam sebuah diskusi di kantor Ombudsman Republik Indonesia, komisaris Ombudsman Adrianus Meliala mengatakan, masih banyak pedagang kaki lima yang menjual atau mencoba di tempat-tempat yang dilarang. Ini merupakan indikasi peran Satpol PP yang tidak maksimal.

“Itulah yang sebenarnya kami lihat bukanlah kerja maksimal Satpol PP dalam hal ini, jalan yang seharusnya bebas dari PKL sekarang penuh dengan PKL,” katanya, Rabu (29/11).

Tidak hanya itu, Adrianus mengungkapkan, pihaknya menemukan sejumlah temuan terkait PKL yang dikuasai Satpol PP. Salah satunya terkait hubungan Satpol PP dan preman.

“Ada mode baru yang muncul, mungkin karena malu dijemput oleh preman. Itulah situasinya,” katanya.

Dilaporkan sebelumnya, Ombudsman Republik Indonesia (ORI) menemukan dugaan penyalahgunaan wewenang oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta. Mereka diduga bekerja dengan Preman dan CSO tertentu untuk menerima upeti dari PKL agar mendapat penggerebekan dan kontrol.

Temuan tersebut berasal dari sebuah penyelidikan oleh Ombudsman pada 9 dan 10 Agustus 2017 di beberapa titik. Ini termasuk Stasiun Manggarai, Stasiun Jatinegara, Pasar Tanah Abang, Stasiun Tebet, Kecamatan Setiabudi, dan Ambassador Mall.

Namun, Wakil Kepala Satpol PP DKI Hidayatullah membantah temuan Ombudsman yang memanggil bawahannya mendapat simpanan dari pedagang kaki lima (PKL). Salah satunya di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“Jadi enggak mungkin periode kita tertibin tapi kita main juga, tidak berani,” katanya di Jakarta, Jumat (3/11).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s